:: Islam

Islam

Puasa Ramadhan Membentuk Manusia Bertakwa Kepada Allah

Ramadhan tiba. Marhaban ya Ramadhan! Tahun 2023 atau tahun 1444 H kini menyapa kita. Pada hakikatnya puasa Ramadhan dapat melatih umat Islam berjihad melawan hawa nafsu, menyucikan diri dari perbuatan keji dan mungkar dan menghiasi diri dengan akhlak mulia serta meningkatkan semangat kecintaan untuk senantiasa beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

:: Iman

Masya Allah, Sehari di Akhirat Sama dengan Seribu Tahun di Dunia

Hidup di dunia ini hanya sementara. Yang kekal selamanya adalah negeri akhirat. Salah satu ciri utama orang yang bertaqwa ialah pemahamannya akan dunia dan akhirat. Maka dari itu, siapa yang melupakan kehidupan akhirat dan segala aktifitasnya hanya terfokus pada kemewaham dunia serta menganggap bahwa kemewahan dunia itu merupakan tujuan utamanya berarti ia belum mengetahui nilai kehidupan akhirat dengan baik.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala: “Mereka mengetahui yang tampak dari kehidupan dunia saja sedangkan terhadap kehidupan akhirat mereka lalai.” (QS. Ar-Rum: 7).


:: Rasulullah

Gerhana Matahari, Kematian Ibrahim Putra Nabi dan Pesan Rasulullah SAW

Gerhana matahari beberapa kali menyambangi langit Indonesia. Termasuk pada Kamis 20 April 2023, sebagian masyarakat Indonesia dan sejumlah belahan dunia lainnya menyaksikan gerhana matahari. Gerhana ini disebut gerhana matahari hybrid atau hibrida.

Disebut gerhana matahari hybrid karena terjadi dua jenis gerhana sekaligus, yakni gerhana cincin dan gerhana total. Saat terjadi gerhana umat Islam dianjurkan untuk sholat kusuf atau sholat gerhana matahari atau bulan. Shalat gerhana hukumnya sunnah muakkad.


:: Mukjizat

Pesan Alquran untuk Penegak Hukum

Dalam surat An- Nisa ayat 135 Allah SWT memerintahkan hamba-Nya yang beriman menjadi penegak keadilan (hukum). Ayat 135 itu artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya ataupun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjakan.”


:: Kabar

Lembaga Kemanusiaan Harus Bayar Pungli Rp 80 Juta per Truk untuk Masuk Gaza

Sebuah badan kemanusiaan internasional yang pernah menyalurkan bantuan darurat dalam perang, kelaparan dan gempa bumi di seluruh Timur Tengah diharuskan membayar 5.000 dolar AS (setara Rp 80 juta) per truk kepada sebuah perusahaan yang terkait dengan Badan Intelijen Umum Mesir (GIS) untuk memasukkan bantuan ke Gaza.

Badan amal tersebut, yang tidak ingin disebutkan namanya untuk menghindari penghalangan terhadap upaya bantuannya di Gaza, berbicara kepada Middle East Eye dengan kemarahan karena harus membayar suap kepada agen terkait dengan negara.


MUALLAF

Prof Maurice, Ilmuwan Prancis yang Jadi Mualaf Gara-Gara Jasad Firaun

Alquran merupakan mukjizat Nabi Muhammad saw yang luar biasa. Alquran bukan hanya menjadi rahmat bagi umat Islam, tetapi juga obat, petunjuk, hingga sumber informasi ilmiah bisa ditemukan di dalam Alquran. Misalnya saja ilmuwan asal Prancis, Prof Dr Maurice Bucaille yang memeluk Islam usai meneliti jasad Firaun. Menurutnya, tidak ada dalam kitab manapun yang menjelaskan tentang

Kontak Kami

Bagi Anda yang ingin mengenal Islam