Al-Quran Terpanjang di Dunia Dipamerkan di Turki

Al-Quran terpanjang di dunia, yang dibawa ke Istanbul dari Cina untuk “Pameran Kebudayaan dan Seni Islam Cina”, telah menarik minat banyak pengunjung di Pusat Kebudayaan Meiri Ali Efendi di distrik Fatih Istanbul. Al-Quran tersebut memiliki panjang 208 meter, lebar 1,14 meter, dan berat 86 kilogram.

Pemilik Al-Quran terpanjang ini adalah Yusuf Xujun, yang tinggal di Cina wilayah otonomi Hui dan mengelola sebuah perusahaan yang memproduksi produk bagi umat Islam. Dia mengatakan bahwa dia dan istrinya Selime Xujun telah memutuskan untuk menulis Al-Quran besar menggunakan seni menulis khusus Cina, dan ia telah belajar seni tersebut dari keluarganya.

“Saya membuat Al-Quran ini untuk menunjukkan seni Cina kepada dunia. Islam telah ada dalam budaya Cina selama 1.000 tahun. Kami menggunakan 70 orang dalam penulisan Al-Quran ini dan selesai dalam dua setengah tahun. Al-Quran ini telah dimasukkan dalam daftar warisan budaya di Cina. Lebar 1.14 meter melambangkan jumlah 114 surat yang ada di dalam Al-Quran. Saya menulis Al-Quran ini di sutra,”kata Xujun, menambahkan bahwa Al-Quran yang ditampilkan di Istanbul adalah untuk pertama kalinya di luar Cina.(sumber: eramuslim.com/fq/hurriyet/6/9/12)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>