Membaca Rahasia Kehidupan Nabi Muhammad SAW

Setiap orang beriman sudah seharusnya mengenal dengan baik utusan Allah Ta’ala, yaitu Nabi Muhammad SAW. Pengenalan lebih dekat tentang biografi Rasulullah ini diyakini dapat meningkatkan kualitas iman dan taqwanya.

Salah satu jalan mengenal Rasulullah adalah dengan membaca sejarah kehidupan beliau; dari lahir hingga wafatnya beliau SAW. Di antara karya yang dapat menelusuri jejak Rasulullah adalah Sirah Nabawiyah karya Prof. Muhammad Ridha (terjemahan).

Buku ini memuat banyak hal yang terserak di berbagai kitab sejarah Rasulullah Muhammad SAW, di samping mengandung ruh spiritual yang tinggi dan hasil-hasil kerja keras yang menunjukkan kemampuan besar, keluhuran, dan kebulatan tekad penulisnya, yang sulit didapat di dalam buku-buku lain.

Karya Prof Muhammad Ridha ini begitu komplet mengingat proses penulisannya yang tak cukup 1-2 tahun. Ia memadukan buku-buku sejarah yang berkaitan dengan Rasulullah SAW, buku-buku tafsir, buku-buku hadits, kamus-kamus bahasa Arab, dan biografi orang-orang tertentu. Bahkan, buku-buku tulisan para orientalis, baik yang mendukung maupun yang menentang beliau, sekaligus membantah pendapat-pendapat mereka yang menentang dan mementahkan berita bohong yang disebarkan oleh para penyebar kesesatan.

Buku ini memaparkan, menguraikan, dan menjelaskan hal-ihwal hingga detail tentang masa awal negari Arab sebelum kedatangan Rasulullah SAW, saat lahirnya Rasulullah SAW, masa kecil, masa remaja, masa dewasa, hingga saat-saat terakhir menjelang beliau wafat. Semua diuraikan dengan detail sehingga pembaca akan mudah mendapatkan sisi yang komplit dari seorang utusan Allah.

Perjuangan Rasulullah dalam menegakkan Islam begitu terasa saat kita membaca lembar demi lembar Sirah Nabawiyah. Bagaimana beliau berhadapan dengan para penentang Islam yang berasal dari kalangan terdekatnya. Bagaimana pula strategi berperang menghadapi musuh dalam sejumlah peperangan yang beliau pimpin. Serta bagaimana pula beliau mengatur sistem pemerintahan saat di Madinah sehingga tak dijumpai kekurangan beliau sebagai seorang leader. Semua terdapat dalam buku setebal 955 halaman ini.

Rasulullah SAW telah mengukir kisah dan sejarah amat indah, yang padanya kita dapat bercermin, sehingga keindahannya senantiasa terpancar, menambahkan iman dan kecintaan pada kita. Kisah perjalanan hidupnya sungguh tak akan mampu mengentikan kita untuk menorehkan tinta mengungkap kisahnya hingga kita sendiri yang menghentikannya.

Akhlaknya Rasulullah yang mulia, kesabarannya menghadapi setiap cobaan, baik dalam lingkup pribadi, keluarganya, maupun masyarakat, kegigihan dan kejantantannya dalam menjalani setiap peperangan melawan kaum musyrik, pembelaannya terhadap kaum papa dan teraniaya, teladannya dalam kehidupan rumah tangga dan kehidupan masyarakat, serta berbagai hal lain yang berkenaan dengan beliau dan kehidupannya, membawa kita untuk senantiasa mengingat pujian dan sanjungan Penguasa alam terhadap dirinya bahwa “sungguh engkau benar-benar berbudi pekerti yang teramat luhur.”

Membaca buku ini dari halaman pembuka hingga penutup, dengan meresapi peristiwa demi peristiwa, membuat iman yang sudah ada dalam diri kita kian bertambah. Selain itu, kecintaan kita pada Rasulullah SAW akan meliputi kita, dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

Sekilas Buku:

Judul              : Sirah Nabawiyah (terjemahan)

Penulis          : Prof. Muhammad Ridha

Penerbit         : Irsyad Baitus Salam, Bandung

Cetakan         : Pertama, Pebruari 2010

Tebal              : 955 halaman


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>