Tahun Baru Islam 1434 Hijriyah

Hijriyah

Umat Islam di seluruh dunia menyambut tahun baru 1 Muharam 1434 Hijriyah, yang bertepatan dengan 15 Nopember 2012. Tahun baru Islam diperingati sebagai peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah karena tekanan fisik dan mental yang dilakukan oleh kaum kafir dan musyrik yang tinggal di kota Mekkah.

Kalender Hijriyah biasa disebut kalender Qomariyah (Lunar Calender ) karena didasarkan pada perputaran bulan terhadap bumi, yang dalam satu bulan berkisar antara 29 dan 30 hari.

Dalam menyambut tahun baru Hijriyah tersebut, umat Islam disunnahkan untuk melakukan instropeksi diri, melakukan pembenahan dan perubahan diri ke arah yang lebih baik serta meningkatkan ketaatan kepada Allah. Sebab, kelak pada hari kiamat setiap diri akan dimintai pertanggungjawabannya di hadapan Allah SWT.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>