Pahami Islam Secara Baik dan Menyeluruh

Islam adalah agama yang sempurna dan ‘syamil’ (menyeluruh). Ia membahas kehidupan empiris dan gaib secara integral, memadukan keshalihan jiwa dan baiknya kehidupan dalam sistem yang selaras dengan fitrah, dan masih berjuta keistimewaan lainnya yang disandang oleh agama para nabi dan rasul ini.

Ironisnya, Islam yang begitu sempurna dan indah, hanya sekadar dikagumi banyak orang, sementara pemeluknya yang sekarang berada dalam keterbelakangan, berupaya mencari solusi dan pedoman dari sistem lain. Padahal tiada jalan untuk meraih kejayaan, melainkan bersama Islam. Mereka bagaikan seekor unta yang mati kehausan, padahal di punggungnya terdapat air yang segar.

Catatan-catatan penting tentang fundamen Islam seperti itu terangkum dalam buku Al-Islam karya Sa’id Hawwa. Buku ini sangat baik menjadi rujukan untuk memahami Islam secara benar dan komprehensif.

Sudah semestinya setiap muslim memahami dengan baik dan benar tentang Islam. Sebab, dengan pemahaman yang benar dan menyeluruh, seseorang itu akan memiliki kebanggaan sebagai muslim.

Buku aslinya yang berbahasa Arab terdiri dari empat bab. Karena “terlalu tebal” penerbit buku terjemahan dalam bahasa Indonesia, Al-I’tishom, membaginya ke dalam dua jilid. Jilid pertama memuat bab kesatu dan kedua, sedangkan buku jilid 2 terdiri dari bab ketiga dan keempat.

Buku jilid 1 ini membahas tentang Rukun Islam yang terdiri atas syahadatain, shalat, puasa, zakat, dan haji. Sementara dalam bab kedua memuat tentang sistem akhlak dan sosial yang memaparkan tentang agama, akal manusia, jiwa, harta, dan keturunan.

Buku ini tepat dibaca, khususnya bagi muslim baru yang sangat perlu untuk mengenal dan memahami Islam secara baik dan menyeluruh, sebagaimana yang dikehendaki oleh penulisnya. (w-islam).

Info Buku:

Judul: Al-Islam (terjemahan)

Penulis: Sa’id Hawwa

Penerjemah: Abu Ridho & Aunur Rafiq Shaleh Tamhid

Penerbit: Al-I’tishom Cahaya Umat, Jakarta

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>