Kiamat, Hanya Allah yang Tahu Waktunya

Tahun 2012 ini sebagian manusia di muka bumi ada yang masih terpengaruh dengan kepercayaan akan terjadinya kiamat (besar). Kepercayaan itu sedikitnya berdasarkan ramalan yang bersumber dari kalender suku Maya, Amerika Tengah, dimana pada 21 Desember 2012 akan terjadi kiamat.

Menurut kalender suku Maya tersebut, penanggalan periode 5.128 tahun yang jatuh pada 21 Desember merupakan waktu satu siklus penciptaan telah berakhir. Orang-orang yang percaya akan datangnya kiamat pada hari itu tampak panik dan “bersiap” menyambutnya di sejumlah negara. Namun, akhir zaman yang dipercayai itu tak jadi kenyataan. Mereka yang percaya ramalan tersebut pun kecele.

Percaya dan yakin akan terjadinya hari kiamat merupakan salah satu rukum iman. Konsekuensi dari keyakinan ini menjadikan orang-orang beriman serius menyiapkan diri menghadapi hari yang semua isi alam raya runtuh dan binasa. Hari kiamat menurut Al-Quran merupakan hari pembalasan, yaitu seluruh amal perbuatan setiap manusia dibalas sesuai dengan keadaannya. Jika timbangan perbuatan kebaikannya lebih banyak dibandingkan kejahatannya, maka ia akan ditempatkan di neraka. Sementara mereka yang perbuatan buruknya semasa hidup di dunia lebih mendominasinya, maka tempat akhirnya ada di neraka.

Hal ini sesuai dengan berita dalam Al-Quran, “Sesungguhnya orang-orang  (beriman) yang berbakti benar-benar berada dalam surga yang penuh kenikmatan. Dan sesungguhnya orang-orang yang durhaka (kepada Tuhan) benar-benar berada dalam neraka. Mereka masuk ke dalamnya pada hari pembalasan.” (QS. Al-Infitar: 13-15).

Tentang kapan terjadinya hari kiamat pun menjadi rahasia Allah SWT. Manusia, sekalipun para nabi, tidak diberitahukan kapan persis terjadinya. Para nabi hanya memberikan tanda-tanda kiamat saja seperti maraknya perzinahan dan merajalelanya kejahatan. Nabi Muhammad SAW juga hanya sedikit memberikan “bocoran” hari kiamaat, yakni akan terjadi pada hari jumat, sebagaimana sabdanya, “Dan tidak akan terjadi hari Kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim)

Allahlah yang Maha Tahu tentang kapan persisnya terjadi kiamat, sebagaimana terpapar dalam Al-Quran, ”Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”. (QS Al-A’raaf ayat 187).

Seorang beriman hanya meyakini berita yang bersumber dari Allah dan Rasul-Nya. Berita yang dijamin tak pernah meleset dan tak pernah salah. (w-islam)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>