Parlemen Singapura Segera Dipimpin Seorang Muslimah

Jika di Amerika Serikat muncul kejutan saat Barack Obama, yang keturunan kulit hitam, menjadi orang nomor satu di negara Paman Sam. Maka, di Singapura yang mayoritas penduduknya beretnis China, seorang politisi Muslimah didaulat untuk menjadi Ketua Parlemen. Hal ini baru terjadi dalam sejarah negara singa ini.

Seperti diwartakan kantor berita AFP dan dikutip detikcom (8/1/2013), Singapura  untuk pertama kalinya akan memiliki ketua parlemen wanita Muslimah, yaitu Halimah binte Yacob. Ia digadang-gadang untuk menduduki kursi ketua parlemen Singapura, menggantikan Michael Palmer yang mengundurkan diri karena skandal seks.

Halimah merupakan politisi dari partai berkuasa, People’s Action Party (PAP), ini sekarang menjabat sebagai salah satu menteri negara pada Kementerian Pembangunan Masyarakat, Pemuda dan Olahraga. Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong telah mempercayai dan menunjuknya menggantikan Michael Palmer.

PM Lee menilai Halimah yang berusia 58 tahun, ini memiliki pengalaman yang mumpuni dalam pergerakan buruh, kerja sosial dan pendidikan pra-sekolah. Halimah diyakini akan mampu menjalani tugas barunya dengan baik. “Di kabinet, Halimah selalu berbicara dengan praktis dan suara yang bersemangat dan selalu membantu kami menyusun kebijakan yang efektif dan menyentuh rasa kemanusiaan,” tutur PM Lee dalam pernyataannya saat mengumumkan penunjukan Halimah.

Parlemen Singapura mempunyai  87 kursi yang didominasi oleh anggota dari PAP. PAP dikenal mendominasi di Singapura sejak tahun 1959 silam. Tercatat, hanya ada 6 anggota oposisi dalam parlemen Singapura.

Halimah, seperti  dikutip Wikipedia, yang lahir pada 23 Agustus 1954 merupakan salah seorang politisi perempuan Melayu yang menjadi anggota parlemen mewakili konstituen dari wilayah Jurong sejak tahun 2001. Dalam karir politiknya yang terakhir, 2011, dirinya diberi kepercayaan menjabat sebagai Menteri Negara untuk Pengembangan Masyarakat, Pemuda, dan Olahraga. (w-islam.com)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>