Restoran Harus Memasang Tanda Sertifikat Halal

Untuk menghilangkan keraguan bagi masyarakat konsumen, khususnya umat Islam yang akan mengkonsumsi produk pangan di restoran yang telah mendapat Sertifikat Halal (SH) dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ketua Komisi Fatwa (KF) MUI, mengimbau dan meminta pihak restoran, terutama restoran waralaba yang memiliki beberapa cabang outlet, agar memasang tanda SH di tempat umum yang terbuka dan mudah terlihat. Hal ini sekaligus juga sebagai jawaban atas komplain yang diajukan sebagian warga kepada MUI terkait akurasi informasi kehalalan produk restoran.

“Banyak warga yang mengadukan atau melakukan komplain ke MUI tentang kehalalan produk restoran yang katanya telah mendapat SH dari MUI, tapi tidak ada bukti atau tandanya yang jelas. Maka kami mengimbau dan meminta agar manajemen restoran memasang tanda atau fotocopy SH yang masih berlaku di pintu masuknya. Sehingga dapat menepis keraguan mereka tentang kehalalan produk restoran itu,” ujar Ketua Komisi Fatwa MUI, Prof.Dr.H. Hasanuddin AF, MA.

Fungsi Kontrol

Solusi ini mengemuka dan disepakati dalam Sidang Komisi Fatwa MUI pekan lalu, setelah membahas banyaknya pengaduan masyarakat terkait hal ini. Selain itu, dengan adanya tanda SH yang dipasang di tempat terbuka, maka dapat berfungsi sebagai kontrol. Yakni masyarakat juga dapat mengetahui dengan persis tentang validitas SH tersebut.

Kalau ada masa berlaku SH yang telah berakhir, masyarakat juga dapat mengetahuinya dengan jelas, dan dapat melaporkannya kepada MUI. Sehingga LPPOM MUI pun dapat segera mengingatkan pihak manajemen restoran yang bersangkutan agar memproses perpanjangan SH-nya yang akan atau telah berakhir. Diharapkan solusi untuk menepis keraguan masyarakat ini dapat pula diimplementasikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait. Demikian Ketua Komisi Fatwa MUI mengemukakan harapannya berkenaan dengan kesepakatan yang telah ditetapkan dalam Sidang KF tersebut. (sumber: halalmui.org/21/1/2013)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>