Bolehkah Kita Memohonkan Ampun untuk Orang Kafir?

Tanya:

Assalamu’alaikum wr. wb.

Meskipun kita seorang muslim, terkadang kita dihadapkan dengan pertemanan bahkan keluarga yang nonmuslim. Karena rasa perhatian kita kepada nonmuslim tadi, bolehkah kita yang muslim memohonkan ampun untuk orang kafir?

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Farhan, Jakarta Selatan

Jawaban:

Wa’alaikumussalam wr. wb.

Sdr. Farhan, perhatikan ayat di bawah ini,

“(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arasy dan (malaikat) yang berada di sekelilingnya bertasbih dengan memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memohonkan ampunan untuk orang-orang yang beriman (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka. Ya Tuhan kami, masukkanlah mereka ke dalam surga ‘Adn yang telah Engkau janjikan kepada mereka, dan orang yang saleh di antara nenek moyang mereka, istri-istri, dan keturunan mereka. Sungguh, Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana, dan peliharalah mereka dari (bencana) kejahatan. Dan orang-orang yang Engkau pelihara dari (bencana) kejahatan pada hari itu, maka sungguh, Engkau telah menganugerahkan rahmat kepadanya dan demikian itulah kemenangan yang agung.” (QS. Ghaafir [40]:7-9)

Ayat di atas bermakna, para malikat pembawa Arasy dan yang ada di sekeliling Arasy, yaitu malaikat yang paling utama, mereka menyucikan Allah dari segenap kekurangan, memuji-Nya atas nikmat-nikmat-Nya yang melimpah, membenarkan keberadaan dan keesaan Allah, sama sekali tidak merasa sombong untuk beribadah kepada-Nya, memohonkan ampunan yang menyeluruh bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan kepada yang perkara ghaib, bukan untuk orang-orang yang kafir kepada Allah dan perkara-perkara ghaib-Nya. Sebab, tidak boleh memohon ampun untuk orang kafir kecuali dengan makna memohon hidayah untuk mereka lalu memohonkan ampun setelah itu, sebagaimana permohonan ampun Ibrahim untuk ayahnya, juga permohonan ampun Rasulullah SAW untuk kaum munafik,  yang artinya semoga Allah SWT memberi mereka hidayah lalu mereka beristiqamah. (w-islam.com)

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>