Buah-buahan Surga dan Khasiatnya

Di surga Allah SWT menjanjikan kenikmatan yang tidak ada duanya. Salah satu yang diberikan untuk penghuni surga adalah buah-buahan. Beberapa ayat menjelaskan tentang buah-buahan tersebut. Allah SWT berfiman dalam surah ar-Rahman ayat 68, “Di dalam keduanya ada buah-buahan dan kurma serta delima.”  Beberapa buah yang disebut di dalam Qur’an di antaranya:

Kurma

Kurma termasuk makanan para penghuni surga dikarenakan kurma memiliki khasiat untuk kesehatan selain rasanya yang enak.

1.Tamr (kurma kering) berfungsi untuk menguatkan sel-sel usus dan dapat membantu melancarkan saluran kencing karena mengandung serabut-serabut yang bertugas mengontrol laju gerak usus dan menguatkan rahim terutama ketika melahirkan.

Penelitian yang terbaru menyatakan bahwa buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Bahkan Allah SWT memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan, dikarenakan buah kurma mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga Maryam dengan mudah melahirkan anaknya. Seperti dituturkan oleh dr. Muhammad Kamal Abdul Aziz dalam bukunya al-Ath’imah Al-Qur’aniyyah

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu kearahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini” [Maryam : 25-26]

2. Ruthab (kurma basah) mencegah terjadi pendarahan bagi perempuan-perempuan ketika melahirkan dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sedia kala sebelum waktu hamil yang berikutnya. Hal ini karena dalam kurma segar terkandung hormon yang menyerupai hormon oxytocine yang dapat membantu proses kelahiran. Hormon oxytocine adalah hormon yang salah satu fungsinya membantu ketika wanita atau pun hewan betina melahirkan dan menyusui.

Buah Delima

Buah delima pun sama, salah satu dari buah buah surga yang memiliki khasiat yang banyak di antaranya adalah:

1.         Berkhasiat sebagai penyejuk dan dapat digumakan mengobati sariawan, suara serak, sakit di tenggorokan, cacingan, perut kembung, rematik, sering buang air kecil, menurunkan tekanan darah tinggi, bahkan menurunkan berat badan. Biji delima yang sering dibuang juga menyimpan khasiat antara lain dapat menurunkan demam dan menyembuhkan batuk.

2.         Menghadang kerja virus. Sejumlah penelitian membuktikan kulit kayu, kulit akar, kulit buah, dan bunga delima juga potensial mengobati penyakit. Bunga delima dapat mengobati radang gusi dan bronkitis. Begitu dengan bagian kulit buah yang oleh masyarakat Cina disebut shi liu pi, merupakan obat alami mengatasi radang tenggorokan, radang telinga, keputihan dan perdarahan. Hebatnya lagi, bunga delima ini kini menjadi perhatian para ilmuwan kedokteran karena berpotensi mengendalikan penyebaran infeksi di dalam tubuh, termasuk infeksi karena virus HIV penyebab penyakit AIDS.

Pisang

Allah SWT berfirman, ”Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusin-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah.” (QS. al-Waaqi’ah: 27-31)

Berdasarkan penjelasan ayat di atas buah pisang termasuk buah surga yang memiliki khasiat, di antaranya:

1. Pisang mengandung nutrisi yang enam, yaitu: air, gula, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Berkat tingginya nilai gizi yang dikandungnya, pisang telah menjadi makanan penting (pokok) bagi banyak orang.

2. Setiap 100 gram pisang segar dan matang memberikan tubuh (100 kalori), yaitu seperti yang diberikan oleh seratus gram daging. Dan adapun seratus gram pisang kering memberikan (250 kalori)

3. Pisang bermanfaat mencegah osteomalasia (pelunakan tulang pada bayi) pada anak dan osteoporosis (pengeroposan tulang) pada orang dewasa (tua), dan kekurangan kalsium pada wanita hamil dan ibu menyusui. Karena pisang mengandung jumlah kalsium yang cukup, yaitu setiap 1 kg pisang mengandung 1gr kalsium.

Anggur

Allah SWT berfirman, ”Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa mendapat kemenangan, (yaitu) kebun-kebun dan buah anggur, dan gadis-gadis remaja yang sebaya.” (an-Naba’ : 31-33)

Buah anggur tidak hanya sumber dari vitamin A, C, B6, dan folate yang baik. Tetapi juga sumber mineral penting lainnya seperti potassium, calcium, iron, phosphorus, magnesium dan selenium. Semua vitamin tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Beberapa khasiat dari anggur di antaranya:

1. Asma

Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.

2. Antibakteri

Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

3. Alzheimer

Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit alzheimer. Hal ini karena anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita alzheimer.

Sungguh menakjubkan apa-apa yang telah Allah SWT berikan kepada makhluk di bumi ini. Sehingga tidak ada kata bagi kita untuk tidak bersyukur. “Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan?”  (w-islam.com/dari berbagai sumber)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>