Pendeta Terry Jones Ditangkap dengan Ribuan Quran yang Akan Dibakar

Aparat negara bagian Florida, Amerika Serikat menangkap pendeta radikal anti-Islam Terry Jones saat akan memperingati peristiwa 9/11 dengan membakar ribuan kitab suci al-Qur`an hari Rabu (11/9/2013), lapor LA Times mengutip media-media lokal.

Jones sudah merencanakan aksinya untuk membakar 2.998 kitab al-Qur`an di sebuah taman di Polk County dalam peringatan 12 tahun peristiwa 9/11. Menurut rilis pers yang dikeluarkan Jones, jumlah al-Qur`an yang dibakarnya mewakili jumlah korban tewas ketika menara kembar WTC di New York dihancurkan.

Pihak keamanan setempat dilaporkan telah menolak izin penggunaan Taman Loyce E Harpe di dekat Mulberry sebagai lokasi pembakaran.

Ketika akan melaksanakan aksinya, aparat keamanan muncul dan menangkap Jones yang akan mengendarai mobilnya dengan membawa al-Qur`an yang sudah dibasahi dengan minyak tanah dan alat pemanggang, kata pejabat terkait kepada The Ledger, koran lokal Polk County.

Sebuah mendia yang berafiliasi dengan ABC melaporkan, kitab-kitab al-Qur`an yang akan dibakar Jones berada di dalam alat pemanggang itu.

Pendeta Terry Jones dan pengikutnya di Dove World Outreach Center di Gainsville, Florida, pada tahun 2011 juga pernah melakukan aksi bakar al-Qur`an, yang menyulut demonstrasi anti-Amerika di Timur Tengah dan Afghanistan, serta di banyak negara lainnya.

BBC melaporkan, pendeta ektrimis Kristen itu ditangkap bersama temannya yang juga rohaniwan Kristen, pastor Marvin Sapp Jr. Mereka digelandang ke kantor polisi di Mulberry pada hari Rabu.

Pendeta Jones ditanggap saat mengendarai mobil truk yang menarik gerbong tambahan berisi alat pemanggang besar yang dipenuhi dengan kitab-kitab al-Qur`an yang telah dibasahi minyak tanah.

Sheriff Polk County Grady Judd dan para detektifnya mengaku, sebelumnya sudah memperingatkan Pendeta Jones bahwa aksinya itu melanggar hukum.

“Kami tidak hanya mengatakan bahwa dia memiliki hak kebebasan berbicara yang dijamin Amandemen Pertama,” kata Judd. “Kami mendorongnya akan datang ke taman jika ingin menyampaikan pernyataan apapun yang diinginkannya. Tetapi dia tidak mau datang ke Polk County dan justru melanggar hukum,” kata Judd menjelaskan alasan penangkapan atas Pendeta Jones.

Jones dijerat dengan pasal mengangkut bahan bakar secara ilegal. (sumber: hidayatullah.com/12/9/2013)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>