ODOJ: Cara Baru Cinta Baca Al-Quran

Ada cara merefleksikan kecintaan pada Allah SWT melalui tilawah (membaca) dan men-tadabburi-nya (menghayati makna). Cara tersebut melalui gerakan One Day One Juz (ODOJ).

ODOJ merupakan program yang diinisiasi oleh Rumah Qur’an untuk memfasilitasi dan mempermudah umat Islam dalam tilawah Al-Quran dengan target 1 juz sehari.

Sebagaimana dikutip dari laman onedayonejuz.org, gerakan yang baru digagas beberapa bulan yang lalu tersebut, memanfaatkan jaringan pesan singkat (instant messanger) seperti whatsapp.

Secara teknis, mekanisme pelaksanaan program ODOJ adalah dengan menjaring 30 anggota untuk membuat sebuah grup ODOJ.  Dari situ, kemudian dibuat sistem pelaporan dan lelangan juz, sehingga targetan yang ingin dicapai adalah 30 juz Al-Quran dapat diselesaikan oleh satu grup setiap harinya.

Dengan cara seperti itu, secara otomatis tiap anggota akan bisa menamatkan (khatam) 30 juz dalam satu bulan, dengan catatan ia tak pernah absen membaca tiap hari 1 juz secara berurutan.

Dalam mengorganisir ODOJ itu, dalam satu grup diangkat seorang penanggung jawab (PJ) harian yang bertugas meng-update laporan juz, memonitoring, dan mengatur lelangan untuk mencapai targetan tadi.

Kini anggota gerakan ODOJ atau yang akrab disebut ODOJer sudah mencapai ribuan orang. Di antara mereka terdapat sejumlah artis dan tokoh yang ikut bergabung. Sebagian besar ODOJer merasakan termotivasi dengan mengikuti program ini.

“Sebelum ODOJ digagas, awalnya tilawah 1 juz serasa berat. Namun saat gabung, subhanalloh semangatnya sungguh Ruaaarrrr biasa, 1 juz gak berat lagi. Bahkan jadi ketagihan ambil lelangan,” ujar salah seorang anggota ODOJ, Ilma Amaliyawati.

“Ini adalah ide cemerlang untuk selalu istiqamah dalam tilawah Qur’an, merenungkan isi kandungannya, mencintainya dan lama-kelamaan akan merasakan mukjizatnya. Saya sudah 7 hari bergabung dengan ODOJ 274. Subhanallah, ternyata tidak berat 1 hari 1 juz,” kata anggota ODOJ lainnya, Ahmad Muzamil.

Menurut rencana, grand launching ODOJ akan diselenggarakan di Masjid Istiqlal pada 4 Mei 2014. Tertarik untuk gabung? Silakan klik situsnya di www.onedayonejuz.org  (w-islam.com)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>