OKI akan Kirim Delegasi Kemanusiaan ke Republik Afrika Tengah

Organisasi Kerjasama Islam (OKI) hari Rabu depan (21/5/2014) akan mengirimkan delegasi kemanusiaan internasional ke Republik Afrika Tengah, Kamerun dan Chad, yang dipimpin oleh Duta Besar Fuad Maznaie mewakili Departemen Urusan Kemanusiaan OKI, lansir Arab News (17/5/2014).

Maznaie mengatakan, kepergian rombongan yang dipimpinnya selama sepekan itu dalam rangka membantu rakyat korban konflik.

Delegasi OKI akan melakukan pembicaraan dengan pejabat-pejabat senior setempat guna memperpanjang misi kemanusiaan, serta mendapatkan secara langsung informasi yang mereka butuhkan dengan mendatangi kamp-kamp pengungsian di Republik Afrika Tengah, Kamerun dan Chad.

Delegasi terdiri dari pejabat Bank Pembangunan Islam (IDB), Islamic Solidarity Fund, International Islamic Relief Organization, Palang Merah Turki, organisasi kemanusiaan Islam terbesar di Turki IHH, Qatar’s Charity Foundation, Islamic Relief cabang Inggris, Islamic Aid cabang Inggris dan organisasi kemanusiaan internasional lainnya.

Konflik berdarah di Republik Afrika Tengah menyebabkan lebih dari 2 juta Muslim kehilangan tempat tinggal dan menyelamatkan diri ke berbagai daerah termasuk ke negara tetangga Kamerun dan Chad.

Di ibukota Bangui warga Muslim –yang merupakan kelompok minoritas diantara warga mayoritas Kristen– dibantai secara massal sehingga jumlahnya hanya tinggal beberapa ribu saja dan properti milik mereka dihancurkan. (sumber: hidayatullah.com/17/5/2014)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>