Qatar Segera Ubah Arena Adu Banteng Spanyol jadi Masjid

Syeikh Tamim bin Hamad Al Thani, yang berkuasa di Qatar, dilaporkan telah menawarkan investasi $ 2 milyar selama 5 tahun untuk mengubah arena adu banteng Monumental Barcelona menjadi masjid. Dengan demikian, jika jadi, dengan kapasitas 40.000 orang, tempat ini akan menjadi masjid terbesar di Eropa.
Masjid yang direncanakan akan menjadi masjid terbesar ketiga di dunia yang berada di luar Mekkah dan Madinah, akan menampilkan menara 300 M, mencakup ruang konferensi, pusat studi Qura’n dengan 300 kapasitas dan sebuah museum seni dan sejarah Islam.
Monumental tersebut dibuka pada tahun 1914 dan menjadi terkenal sebagai ajang adu banteng dan musik konser. Yang bermain di sana di antarnya, The Beatles, The Rolling Stones, Bob Marley dan Bruce Springsteen.
Meskipun Kelompok Balana, pemilik Monumental tersebut, belum dikonfirmasi, harian Spanyol 20 Minutos dilaporkan melalui sumber yang dekat dengan proyek, pemilik bangunan saat ini sudah menyetujui penjualan itu. Dan bahwa tahap berikutnya akan mengamankan kesepakatan dari dewan kota.
Barcelona adalah satu-satunya kota besar di Eropa yang tidak memiliki masjid meskipun komunitas Muslim cukup besar.
Mowafak Kanfach, pemilik Barcelona Arabic Book Shop, mengatakan kepada 20 Minutos, “Hukum mengatakan bahwa setiap orang memiliki hak untuk berdo’a di tempat yang bermartabat, bukan di tempat komersial.”
“Warga harus bangga bahwa umat Islam mengubah rasa sakit dari sapi jantan menjadi pusat spiritual,” tambah Kanfach. “Ini akan menjadi daya tarik wisata yang besar.”
Sejumlah masjid telah direncanakan di Barcelona dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi tidak yang terealisasi. (sumber: islampos/wordbulletin/25/6/2014)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>