KPI dan MUI Akan Evaluasi Program Ramadhan

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengevaluasi program siaran Ramadhan di seluruh lembaga penyiaran untuk melihat kecenderungan perubahan program televisi selama Ramadhan 1435 Hijriah.
Ketua Bidang Isi Siaran KPI Rahmat Arifin ketika ditemui di Jakarta, Selasa, mengatakan, pertemuan KPI dengan MUI untuk melakukan evaluasi program Ramadhan itu akan dilaksanakan pada 4 Juli 2014.
“Data pemantauan seluruh program televisi sejak awal bulan puasa akan diperbandingkan perubahannya sebelum dan selama Ramadhan. Pemantauan akan dilakukan mulai 29 Juni hingga 2 Juli,” ujarnya.
Menurut Rahmat, ada dua kecenderungan bahan evaluasi, yaitu itikad baik dari lembaga penyiaran untuk membuat program yang selaras dengan suasana kebatinan Ramadhan dan signifikansi perubahan kemasan program lama menjadi bertema Ramadhan.

KPI dan MUI, katanya, akan memantau apakah pakaian para pengisi acara menjadi berbeda saat Ramadhan dan sebelumnya, atau apakah ada sisipan religius di program acara tersebut.

KPI telah memberikan imbauan mengenai penyelarasan program acara televisi dengan momentum Ramadhan kepada seluruh lembaga penyiaran sejak Maret 2014.

“Karena kami telah memberikan imbauan sejak jauh hari, maka lembaga penyiaran tidak punya alasan untuk tidak membuat program-programnya selama satu bulan ini selaras dengan Ramadhan,” kata Rahmat.

Ia menambahkan, setiap tahun KPI Pusat bekerja sama dengan MUI melakukan evaluasi program-program televisi Ramadhan untuk mengetahui tingkat kepatuhan lembaga penyiaran menjalankan imbauan program Ramadhan dari KPI.

“Apabila ada yang melanggar kesepakatan akan kami tegur,” tutur Rahmat seperti dikutip Antara. (sumber: islampos/antara/1/7/2014)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>