Walau Merasa Ada Kekurangan, Bersyukurlah

Bersyukur merupakan salah satu ungkapan yang mudah untuk diucap namun sulit untuk dilakukan. Entah apa yang membuat hal itu terasa berat untuk dilkukan. Namun, hal yang pasti harus kita ketahui, bahwa walau berada dalam keadaan apa pun kita patut untuk bersyukur. Dan balasan bagi kita, orang yang bersyukur, maka insya Allah kita akan dapatkan kemudahan menjalani hidup.
Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat-Ku kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih,” (QS. Ibrahim: 7).
Kebiasaannya, bila kita dikaruniakan nikmat, rezeki, kegembiraan maupun kelebihan, apa yang kita akan lakukan? Pasti kebanyakan orang lebih memilih untuk bersyukur. Ya, itulah yang seharusnya.

Tapi, bagaimana pula kalau kita di berikan kekurangan, kecacatan, kemiskinan, kedukaan dan ujian. Berapa banyak orangkah yang bersyukur? Mungkin dalam 100% hanya 5% yang bersyukur dan berlapang dada bila ditimpa ujian.
Sadarkah kita, beruntunglah bagi mereka yang selalu bersyukur dan sabar. Banyak kelebihan yang diberikan oleh Allah SWT kepada mereka yang bersyukur dan sabar dengan ujian yang diturunkan.
Fiman Allah SWT, “Mereka yang sabar dalam musibah, kemiskinan dan ketika peperangan, merekalah orang-orang yang benar dan merekalah orang-orang yang bertakwa – memelihara dirinya dari kejahatan,” (QS Al-Baqarah: 177).
Renungkan ungkapan ini: “After every storm there is a rainbow.” (Selepas setiap guruh, adanya pelangi).
Walau ujian diturunkan, kuatkan semangat dan azamkan tekad. Yakinlah dengan janji Allah.
Biar kita miskin, biar kita buruk, biar kita cacat, asalkan hidup mendapat berkat.
Pikirkan setiap kekurangan yang diberikan pasti ada kelebihan yang diberikan. Begitu juga sebaliknya. Setiap kelebihan itu pasti ada kekurangan kerana kita memang diciptakan lemah dan tidak sempurna.
Ingat bahwa kekurangan itu hebat. Jangan pernah rasa rendah diri dengan kekurangan diri kerana percayalah, setiap yang Allah kurniakan mempunyai kelebihan dan keberkatan tertentu.
Ingatlah, Allah menciptakan manusia dengan segala kelebihan dan kekurangan. Hikmahnya ialah agar manusia itu hidup bersama dan tidak mementingkan diri sendiri (saling lengkap melengkapi). Mereka yang kaya membantu yang miskin, yang sehat membantu yang sakit dan lain-lain.
Ingatlah langit tidak selalu cerah dan kita tidak selalu di atas. Janganlah kita hina kekurangan seseorang itu karena mungkin suatu hari kita memerlukan sesuatu yang tidak kita miliki yang ternyata dimiliki orang yang kita pernah hina dulu.
Kekurangan di dalam hidup kita bukanlah pengakhir dan penghujung dunia. Sebaliknya besyukurlah, karena suatu saat nanti pasti akan datang seseorang melengkapi kekurangan kita dengan kelebihannya. Jangan pernah berputus harap dan teruskan berdoa.
Dan ingatlah, setiap kekurangan yang kita miliki merupakan kelebihan yang tidak ada pada orang lain. Bukan semua orang dapat memiliki kekurangan yang kita ada. Bukankah kekurangan dan ujiaan itu satu bentuk dan tanda sayangnya Allah kepada kita?
Jadikanlah kekurangan yang kita miliki itu sebagai sumber kekuatan, simbol kehebatan dan bukanlah sesuatu yang menghancurkan. Bersyukurlah dengan setiap kurniaan-Nya, baik itu kebaikan maupun keburukan. (sumber: islampos/iluvislam)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>