Raja Arab Saudi Mangkat

Innalillahi wa Inna Ilaihi rajiā€™un. Kerajaan Arab Saudi berduka. Raja Abdullah bin Abdulaziz telah berpulang ke Rahmatullah pada Jumat (23/1) dini hari. Istana Kerajaan Arab Saudi mengumumkan wafatanya sang Raja yang berusia 90 tahun. Penyebab kematiannya dikabarkan karena penyakit yang berhubungan dengan paru-paru yang dideritanya dalam beberapa waktu terakhir.
Sebelum pengumuman, TV Saudi menayangkan doa-doa dari ayat suci Al-Quran yang memberikan sinyal bahwa ada berita duka dari keluarga kerajaan. Raja Abdullah mangkat setelah sebelumnya dirawat di rumah sakit selama beberapa pekan karena menderita infeksi paru-paru.

Sebagai penggantinya, kerajaan telah menunjuk Pangeran Salman bin Abdulaziz untuk menaiki takhta kerajaan. Di tangan raja baru yang usianya hampir mencapai 80 tahun ini kebijakan kerajaan Arab Saudi akan ditentukan. Masa depan Arab Saudi bergantung pada upaya Raja Salman dalam membangun jazirah Saudi serta keliahaiannya dalam menyelesaikan masalah ekonomi, politik, keamanan dan hubungan internasional.
Kerajaan Arab Saudi merupakan satu negara yang terpandang kuat dan besar di organisasi regional (GCC). Selain memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, Saudi juga memiliki peranan yang berpengaruh terhadap dunia Islam, dimana kiblat umat Islam (Ka’bah) terdapat di sana. (w-islam/dari berbagai sumber)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>