Organisasi Muslim Rohingya: Masyarakat Internasional Harus Tekan Myanmar

Nurul Islam, Ketua Organisasi Nasional Arakan Rohingya (ARNO), mengatakan bahwa krisis Rohingya hanya dapat diselesaikan melalui upaya bersama masyarakat internasional.

“Ini adalah masalah waktu, karena pengungsi Rohingya tidak memiliki solusi dari dalam negerinya sendiri,” katanya kepada Anadolu Agency, Selasa (19/5/2015). “Satu-satunya solusi, satu-satunya harapan bagi mereka adalah masyarakat internasional.”

Pekan lalu, ARNO mengimbau negara-negara anggota PBB untuk mengambil tindakan berdasarkan Pasal 98 dari Konvensi PBB tentang Hukum Laut, yang mewajibkan negara-negara untuk memberikan bantuan kepada orang yang ditemukan di laut dan terancam hilang.

ARNO mengatakan upaya diplomasi yang melibatkan Myanmar telah selesai karena negara mayoritas Buddha itu terbukti selalu tidak mau mendengarkan setiap rekomendasi atau resolusi apapun dari PBB. “Masyarakat internasional harus menekan, dan mereka harus mengirim pesan yang kuat ke Myanmar,” pungkasnya. (sumber: islampos)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>