Dalai Lama pada Suu Kyi: Bantu Muslim Rohingya!

Dalai Lama mendesak sesama pemenang Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi untuk membantu minoritas Muslim Rohingya yang teraniaya. Seperti diketahui, Suu Kyi bersikap diam terhadap Myanmar atas perlakuan pada Muslim Rohingya.

Para pengamat politik mengatakan bahwa diamnya Suu Kyi karena ketakutannya menjelang pemilihan umum di negara itu pada bulan November mendatang.

Dalai Lama sebaliknyanya mengatakan bahwa Suu Kyi harus berbicara. Bahkan Dalai Lama menambahkan bahwa ia sudah menemui Suu Kyi sebanyak dua kali secara pribadi sejak 2012, ketika kekerasan terhadap Muslim Rohingya merebak.

“Ini sangat menyedihkan. Saya berharap Aung San Suu Kyi, sebagai pemenang Nobel, bisa melakukan sesuatu,” katanya kepada The Australian’s Thursday, Kamis (28/5/2015) dalam sebuah wawancara, sebelum kunjungan ke Australia pekan depan.

“Saya bertemu dengannya dua kali, pertama di London dan kemudian Republik Ceko. Saya sebutkan masalah ini dan dia bilang dia akan menghadapi beberapa kesulitan,” tambah Dalai Lama. “Tapi terlepas dari itu saya merasa dia bisa melakukan sesuatu.”

Dalai Lama mengatakan bahwa jangan tanyakan bagaimana caranya membantu Muslim Rohingya. “Ada sesuatu yang salah dengan cara manusia berpikir. Pada akhirnya kita kurang kepedulian terhadap orang lain,” demikian dia.(islampos)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>