Bekas PM Inggris Dituduh Hapus Peran Bidani ISIS

Bekas PM Inggris Tony Blair dituduh menghapus peranannya ikut melahirkan kelompok militan Islam ISIS.

The Telegraph mengabarkan Rabu (3/6/2015), artikel berjudul What is ISIS yang terbit di situs Prime Minister Faith Foundation, menuliskan kebangkitan kelompok teror itu. Namun, artikel itu tidak menyebutkan peranan AS dan invasi Inggris dalam perang di Irak yang menyebabkan lahirnya ISIS.

Padahal dalam artikel yang ditulis Peter Welby, editor situs tersebut bercerita tentang akar kelahiran ISIS yang bisa ditelusuri sejak 2002. Kala itu, Abu Musab al-Zarqawi, seorang militan Yordania mendirikan grup ekstrimis di Utara Irak. “Setelah invasi AS ke Irak 2003, organisasi bentukan Zarqawi tumbuh pesat dan berafiliasi dengan Al Qaeda pada 2004 menjadi Al Qaeda di Irak,” tulis Peter Welby. “Kelompok itulah yang menjadi aktor berpengaruh penyebab kekisruhan di Irak pada 2003 dan 2007,” tulisnya.

Penarikan mundur tentara AS dari Irak pada 2011 dan janji integrasi milisi di Anbar yang tak pernah diwujudkan, membuat aktivitas kelompok ISIS makin meningkat. “Setelah Amerika mundur, PM Al Maliki memberikan dorongan terhadap kaum sektarian, dan hal ini menyebabkan ISIS seperti tereksploitasi,” tulis Peter Welby.

Jurubicara Yayasan PM Tony Blair membantah peranan bekas pemimpin Inggris itu. “Latar belakang artikel itu hanya sepenggal sumber geopolitik dan agama di dunia, untuk membantu memberi informasi bagi komunitas internasional,” katanya. “Anda keliru memasukkan peristiwa setelah invasi Irak pada 2003. Itu hanya sebagian kecil dari kejadian sebenarnya,” tulis yayasan tersebut dalam pernyataan resminya. (sumber: inilah.com)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>