Bakar Masjid, Kesucian Idul Fitri Ternodai

Toleransi antarumat beragama ternodai. Terlebih peristiwa penodaan itu terjadi pada saat umat Islam sedang merayakan Idul Fitri tahun ini.

Umat Islam yang sedang melakukan ibadah shalat Idul Fitri di lapangan Makoramil 1702-11/Karubaga di kawasan Tolikara, Wamena, Provinsi Papua, Jumat (17/7) dikejutkan oleh sekumpulan massa yang diduga dari jemaat non Muslim.

Saat imam dan jamaah shalat mengangkat takbir pertama, kelompok tersebut berteriak-teriak dan mengultimatum jamaah shalat ied untuk membubarkan diri.

Saat memasuki takbir ke-7, massa yang di koordinir oleh salah seorang pendeta dan aktivis gereja ini mulai berdatangan dan melakukan aksi pelemparan batu dari bandara Karubaga dan luar lapangan Makoramil 1702-11/Karubaga. Mereka meminta jamaah secara paksa untuk membubarkan kegiatan shalat Ied dan mengakibatkan kepanikan jamaah shalat ied yang sedang melaksanakan shalat.

Jamaah shalat berupaya menyelamatkan diri ketika kelompok provokator itu mulai melakukakan aksi pelemparan batu dan perusakan kios-kios yang berada dekat dengan masjid Baitul Muttaqin.

Aparat keamanan yang berada di sekitar lokasi berusaha membubarkan massa dengan mengeluarkan tembakan, namun massa semakin bertambah dan melakukan pelemparan batu kepadan aparat keamanan.

Massa yang merasa terancam dengan tembakan peringatan dari aparat keamanan melakukan aksi pembakaran kios yang berada di dekat masjid milik salah seorang jamaah Muslim yang bertujuan agar api bisa merembet ke masjid Baitul Muttaqin.

Sekitar pukul 08.30 WIT api yang sudah membesar merambat kebagian-bagian kios yang lain dan menjalar kebagian masjid. Dan hanya dalam hitungan menit, bangunan kios-kios dan masjid pun habis terbakar.

Anggota gabungan (TNI,Polres,Brimob) dengan gesit melaksanakan patroli guna mengantisipasi aksi lanjutan dari massa yang melarang kegiatan ibadah shalat Ied. Kondisinya sudah cukup mereda. Sangat disayangkan, peristiwa pembakaran masjid menodai toleransi antarumat beragama. (w-islam/dari berbagai sumber)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>