Suu Kyi Menang, Nasib Muslim Myanmar?

Warga Myanmar, terutama yang tinggal di perkotaan berhamburan ke jalanan. Mereka meluapkan kegembiraan atas menangnya partai oposisi National League for Democracy (NLD) yang dipimpin politisi tangguh Aung San Suu Kyi.

Mereka menaruh harapan besar akan reformasi di berbagai bidang saat Suu Kyi menjadi orang nomor satu di negeri yang mayoritas penduduknya menganut agama Budha ini.

Partai NLD hampir dipastikan mendulang suara, yang berdasarkan perhitungan sementara, partai ini telah memenangkan 88 kursi di majelis rendah parlemen Myanmar. Angka perolehan kursi ini mengalahkan partai pemerintah yang baru meraih 78 kursi.

Kelompok minoritas Muslim Rohingnya yang banyak mendiami wilayah negara bagian Rakhine, paling banyak berharap terhadap perubahan kebijakan yang lebih baik atas nasib mereka. Sebab, selama beberapa tahu terakhir kelompok ini mendapat perlakuan diskriminatif dari rezim junta militer yang berkuasa selama ini.

Pembelaan untuk kaum Muslimin di Myanmar juga disuarakan oleh pihak eksternal. Ketua Pengamat Pemilu Myanmar dari Uni Eropa, Alexander Graf Lambsdroff berharap setelah kemenangan oposisi ini, peran kandidat Muslim dan kandidat perempuan di Myanmar lebih besar.

“Kami percaya pemerintahan baru jauh lebih demokratis, inklusif, antidiskriminatif dan mampu mengatasi kelompok agama radikal,” ujar pengamat lain dari Anggota Parlemen Eropa, Anna Gomes, Selasa (11/11), sebagaimana dikutip ROL.

Muslim minoritas mendapat perlakuan diskriminasi saat pemilu karena alasan kewarganegaraan yang meragukan. Di sisi lain ratusan ribu Muslim Rohingya yang memiliki masalah sosial terabaikan. (w-islam)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>