Ribuan Yahudi Prancis Eksodus ke Israel Pasca Serangan Charlie Hebdo

Hampir 8.000 orang Yahudi Prancis memilih pindah ke Israel pasca serangan Charlie Hebdo, menurut Jewish Agency, yang biasa menangani imigrasi Yahudi ke Israel, kutip CNN.

Jumlah Yahudi Prancis yang pindah ke Israel naik 4 kali lipat dalam lima tahun terakhir. Pada tahun 2013, kurang dari 3.300 orang Yahudi Prancis pindah ke Israel. Dua tahun sebelumnya, jumlah yang pindah hanya 1.900.

Inggris memiliki emigrasi Yahudi tertinggi kedua di Eropa Barat, tetapi skalanya jauh lebih kecil. Menurut Jewish Agency, 774 orang Yahudi Inggris pindah ke Israel pada tahun 2015, kurang dari sepersepuluh jumlah Yahudi Prancis.

Banyak orang Yahudi Prancis menetap di Ashdod, sebuah kota di Israel selatan yang memiliki penduduk asal Prancis yang besar.

“Ini bagus bagi saya di sini, jauh lebih baik daripada Prancis,” kata Charly Dahan, seorang musisi Yahudi yang pindah ke Israel dari Paris dua tahun lalu.

Dahan saat ini bisa dengan nyaman duduk di Café Lyon, tempat pertemuan populer bagi orang-orang Yahudi Prancis yang ada di Israel.

Avi Mayer juru bicara Jewish Agency mengatakan alasan Yahudi pindah ke Israel adalah mencari rasa aman, terutama dalam beberapa tahun terakhir setelah banyak serangan terhadap mereka di Eropa.

Pemimpin Yahudi Israel selalu menyatakan bahwa negaranya akan selalu membuka pintu bagi orang-orang Yahudi dari mana saja di dunia ini.
Laporkan iklan?

Namun Perdana Menteri Prancis Manuel Valls baru-baru mengungkapkan kekhawatirannya dengan banyaknya eksodus Yahudi ke Israel karena akan mengubah negara itu.

“Tanpa orang-orang Yahudi, Prancis bukan lagi Prancis. Mereka adalah komunitas tertua. Mereka telah menjadi warga Prancis sejak Revolusi Prancis,” jelas Valls.(sumber: islampos)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>