Grand Syaikh Al-Azhar: Mintalah Fatwa kepada Ahli Ilmu Berpaham Sunni

Umat Islam diminta sadar akan tantangan ke depan yang semakin berat. Terutama terkait permasalahan fanatisme golongan yang cenderung dapat memecah belah persatuan.

Untuk itu, Grand Syaikh Al-Azhar, Prof Dr Ahmad Muhammad Ath-Thayyib, menyarankan agar umat senantiasa meminta fatwa kepada para ulama.

“Saya juga menyeru agar umat ini banyak meminta fatwa kepada para ahli ilmu yang dalam yang menganut paham Sunni, serta dari mereka yang menguasai temuan-temuan modern di abad ini,” ujarnya saat memberikan kuliah umum di UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (23/02/2016).

Ath-Thayyib berharap agar umat Islam bersatu dan tidak lalai dengan fenomena fanatisme golongan. Jika tidak begitu, kata dia, musuh akan mudah memecah belah serta menyebarkan kebencian kepada umat Islam.

Ia pun berpesan agar umat Islam senantiasa berpegang teguh pada al-Qur’an dan Sunnah. Serta berjuang sekuat tenaga dan mengerahkan segala potensi untuk membuat situasi saat ini menjadi lebih baik.

“Selain itu, kita semua perlu mengingat kembali peringatan dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam yang menyerupakan umat akhir zaman ini sebagai menu makanan, yang dapat disantap dengan mudah dan diperebutkan oleh para musuh Islam,” paparnya.

Ia berpesan, umat Islam juga perlu memaksimalkan seluruh daya yang dimiliki demi memperbaiki kondisi umat.

Jika hal ini benar-benar dilaksanakan, kata dia, umat Islam akan mendapatkan kejayaan sebagaimana kejayaaan yang pernah dialami masa lalu. “Semoga ini menjadi pengingat bagi kita semua,” tutup Ath-Thayyib.

Pengamatan hidayatullah.com, acara itu dihadiri oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Prof Dr Dede Rosyada; Dewan Pendiri Majelis Hukama Al-Muslimin, Prof Muhammad Quraish Shihab; jajaran Pemkot Tanggerang Selatan; serta ratusan Ikatan Alumni Al-Azhar. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>