Di Tempat ini Tersimpan Rambut Rasul SAW Sampai Tangan Yohannes

Museum Topkapi Turki menyimpan banyak benda peninggalan sejarah dan yang paling menarik adalah benda-benda milik Nabi Muhammad SAW. Benda-benda tersebut tersimpan rapi di Ruang Relikui Suci yang menjadi objek utama kunjungan wisatawan.

Di Istana Topkapi pengunjung dapat menyaksikan tempat celak milik Rasulullah, jejak kaki, pedang, jubah hingga rambut Rasulullah. Selain itu terdapat pula benda-benda peninggalan para sahabat Rasul yang utama (khulafa ar-Rasyidin).

Seluruh benda peninggalan Rasulullah dan sahabat-sahabatnya ditempatkan di ruangan yang terpisah dari bangunan utama Istana Topkapi dan berada di ruangan khusus yang disebut Paviliun Relikui Suci.

Di samping relikui Rasulullah dan para sahabat, Istana Topkapi juga menyimpan banyak relikui tokoh-tokoh terkenal lain dalam sejarah Islam. Beberapa diantaranya yang bisa disebutkan adalah potongan serban Syekh Abd al-Qadir al-Jailani, mangkuk Nabi Ibrahim, tongkat Nabi Musa, pedang Nabi Dawud, serban Nabi Yusuf serta jubah dan sajadah Fatimah az-Zahra.

Dari semua peninggalan tersebut, yang paling mengejutkan adalah relikui potongan tangan kanan milik Yohannes pembaptis yang dikenal dalam sejarah Kristen. Menurut cerita, dulu tangan kanan itulah yang dipakai untuk membaptis Yesus di sungai Yordan.

Sejarah juga menyebutkan bahwa Yohannes pembaptis dipenggal oleh Raja Herodes dari Kerajaan Romawi. Relikui tersebut dibawa ke Istanbul dari Antiokia pada masa kekuasaan Konstantin VII. (smber: ROL)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>