Mau Anak Jadi Penghafal Alquran? Coba Tips Ini

Salah satu pemenang Musabaqah Alquran adalah Lalu Muhammad Khaerrazzaq Hafizi (13 tahun) asal Lombok Timur, NTB. Lalu merupakan peserta termuda yang berhasil meraih juara pertama untuk hafidz Quran Juz 10.

“Saya senang sudah menang, saya bercita-cita kalau sudah besar jadi Imam Masjid Nabawi, seperti juri saya,” kata dia usai Pembagian Hadiah di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Kamis (21/4).

Meski mengikuti lomba hafidz di kategori 10 juz, sebenarnya hafalan Alquran Lalu sudah mencapai 15 juz. Saban hari dia selalu mengulang-ulang, bahkan menambah jumlah hafalan .

Setoran hafalan biasanya dilakukan menjelang Shalat Maghrib, setiap hari biasanya menambah satu ayat utuk hafalan. Paling banyak dia mampu menghafal dua lembar dalam satu hari yang saat ini duduk di bangku kelas satu SMP di Pondok Pesantren Baitul Quro Wal Ghofar, Lombok Timur, NTB.

Awal mula menghafal Alquran adalah dorongan orang tua, tetapi setelah beberapa juz niat dari diri sendiri muncul. Bahkan dalam waktu sepuluh hari Lalu dapat menghafal satu juz 13.

Ayah Lalu, Muhabban mengatakan mendidik anak yang hafiz Alquran tidaklah tiba-tiba. “Anak-anak saya dididik cinta Alquran sejak dalam kandungan oleh ibunya, ibu adalah madrasah utama bagi anak,” ujar dia. (sumber: ROL)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>