Akademisi Terkenal Inggris Tolak Hadiah dari Universitas Israel

Seorang sejarawan akademik terkemuka asal Inggris telah menolak untuk menerima hadiah senilai 330 ribu dolar dari universitas Israel, Press TV melaporkan.

Profesor Catherine Hall dari University College London sebelumnya dijadwalkan akan menerima Dan David Prize oleh Tel Aviv University pada hari Ahad kemarin (22/5/2016), namun dia mengundurkan diri dengan alasan politik.

“Ini adalah pilihan politik yang independen, dilakukan setelah banyak berdiskusi dengan orang-orang yang terlibat dengan politik Israel-Palestina, tapi dengan pandangan yang berbeda tentang bagaimana langkah terbaik untuk bertindak,” kata Hall dalam sebuah pernyataan.

Penghargaan akademik tahunan dari Tel Avib ini mencakup serangkaian hadiah senilai 1 juta dolar yang diserahkan dalam tiga bidang. Sebagai sejarawan, Hall berhak menerima hadiah karena sebagai pelopor dalam sejarah jenis kelamin, ras dan perbudakan.

Halls bekerja pada sejarah perempuan di tahun 1970-an sehingga membantunya menjadi terkenal sebagai feminis utama. Komite Inggris untuk Universitas Palestina menggambarkan keputusan Hall sebagai dukungan signifikan dari kampanye untuk mengakhiri hubungan dengan lembaga-lembaga Israel.[fq/islampos]


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>