Shamsi Ali: Umat Islam Harus Buka Mata Lihat Kondisi Dunia

Imam besar Islamic Center New York, Amerika Serikat, Shamsi Ali menjadi khatib Jumat di Masjid Raya Sumbar (MRS) di Padang, Jumat (5/8). Dalam khutbahnya, ia menyampaikan saat ini ada beberapa persoalan mendasar yang perlu menjadi perhatian oleh umat Islam di dunia.

Di antaranya, semangat kesuksesan, dan keharusan membuka mata terhadap kondisi umat Islam di dunia. Ia menjelaskan dalam Islam sudah ada konsep tentang kesuksesan, dimana kita disuruh untuk berusaha berbuat kebaikan, dan terhitung sebagai ibadah.

Kebaikan menurutnya bisa meliputi beberapa aspek, seperti aspek sosial, aspek keagamaan, aspek ekonomi dan sebagainya.”Jika kebaikan-kebaikan itu dilakukan dengan niat mencari ridha Allah, insyaallah akan bermuara pada kesuksesan,” ujar dia.

Selain semangat kesuksesan, Shamsi menjelaskan hal lainnya yang perlu diperhatikan oleh umat Islam saat ini adalah keharusan membuka mata untuk melihat kondisi umat Islam di dunia. “Umat Islam hendaknya membuka mata lahir dan batin untuk melihat kondisi Islam di dunia, apalagi kondisi umat Islam yang berada di daerah-daerah konflik seperti Timur Tengah,” jelasnya.

Dia menilai, mereka tidak berdaya dan menjadi korban dari konflik yang terjadi. Bagi umat Islam yang berada di daerah aman tentu perlu memberikan perhatian. Sebelumnya Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sumbar, Shofwan Karim mengatakan kedatangan Shamsi Ali ke Kota Padang adalah untuk bersilaturahim dengan masyarakat. (sumber: Antara)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>