MUI Luncurkan Buku ‘Ketahanan Keluarga dalam Perspektif Islam’

Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Komisi Perempuan, Remaja, dan Keluarga (PRK) meluncurkan buku berjudul Ketahanan Keluarga dalam Perspektif Islam di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, di sela-sela gelaran Rakernas II MUI yang digelar Rabu-Jumat (23-25/11/2016).

Ketua Komisi PRK MUI, Prof Amany Lubis mengatakan, latar belakang lahirnya buku tersebut dikarenakan banyaknya keluarga yang kurang mampu menjadikan anggota keluarganya sejahtera baik lahir maupun batin. “Sehingga ada yang ekonominya kurang, mentalnya dan spiritualnya lemah. Serta bisa diombang-ambing oleh arus tantangan globalisasi di masa sekarang,” ujarnya.

Oleh karena itu, sambung Amany, ketahanan keluarga ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada semua anggota keluarga, serta lembaga yang mendukung kuatnya institusi ketahanan keluarga. Juga diharapkan dapat menjadikan berkurangnya perceraian.

Ia menjelaskan, buku yang disusun selama 2 bulan tersebut membahas berbagai perspektif, seperti legislasi nasional, hukum Islam, psikologi, sosiologi, dan perlindungan anak. Juga di antaranya, kata dia, masalah pornografi, narkoba, serta perdagangan manusia.

Amany berharap, buku tersebut bisa disebarluaskan dan disosialisasikan, utamanya melalui MUI seluruh Indonesia. “Juga supaya bisa dimanfaatkan oleh masyakarat luas melalui penyuluhan, majelis taklim, dan dai-daiyah,” pungkasnya.(sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>