Anggota DPR: Para Politisi Harus Mencontoh Mohammad Natsir

Anggota DPR RI yang juga Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini, menyatakan, para politisi Muslim saat ini harus mencontoh sosok Mohammad Natsir saat berjuang melalui partainya.

“Beliau sosok yang layak untuk (sebagai) insprirator politisi Muslim,” ungkapnya dalam diskusi “Menolak Lupa Peringati Mosi Integral Natsir 3 April 1950 Hadirkan NKRI” di ruang FPKS, Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (03/04/2017).

Sikap Natsir yang tidak ingin menang sendiri, lanjut Jazuli, dibuktikan dengan tetap melibatkan semua kelompok saat Natsir ingin menyusun Mosi Integralnya.

Tidak hanya politisi Muslim, terang Jazuli, politisi-politisi lainnya juga tidak boleh melupakan sejarah tersebut. “Politisi tidak boleh mengkhianati sejarah, dia harus mencontoh apa yang dilakukan M Natsir,” sambungnya.

Natsir, jelas Jazuli, saat itu dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) membuat ide untuk menyatukan bangsa Indonesia yang tersusun dalam idenya yang disebut Mosi Integral.

Saat KMB sebelumnya diketahui bahwa Indonesia telah dijadikan Negara Federasi menjadi 17 negara bagian, lanjutnya. “Pada konferensi berikutnya beliau (Natsir) mengusulkan agar menjadi NKRI,” tegasnya.

Menurut Jazuli, perjuangan ulama terdahulu membawa berkah. Lahirnya NKRI ini karena jasa Natsir. “Kita berharap ini membuka mata hati rakyat Indonesia untuk membangun bangsa Indonesia ini,” pungkasnya. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>