Keutamaan Shalat Berjamaah

Shalat adalah salah satu perintah Allah. Dan keutamaan dari shalat adalah berjamaah. Bagi laki-laki perintah shalat berjamaah adalah wajib sedangkan bagi wanita adalah sunnah. Rasulullah bersabda,”Shalat seorang laki-laki dalam jamaah melebihi sahlatnya sendirian sebanyak dua puluh tujuh derajat.” (HR. Muslim).

Dalam buku Sehat Tanpa Obat yanh ditulis oleh DR. H. Brilianto M. Soenarwo dan KH. Muhammad Rusli Amin, MA disebutkan bahwa shalat fardhu atau shalat wajib diperinthakan untuk dilakukan di masjid secara berjamaah.

Dari Zaid bin Tsabit, Rasulullah bersabda,”Sebaik-baiknya shalat adalah shalat (kalian) di rumah kalian, kecuali shalat fardhu.”. Dari shalat berjamaah itu, banyak hal yang akan didapatkan, diantaranya:

1. Menjadi syiar bagi masyarakat luas, dengan sholat berjamaah di masjid bisa menjadi sarana dakwah kepada masyarakat luas. Memberikan edukasi terkait Islam yang membuat masyarakat akan lebih paham.

2. Memperkuat ukhuwah islamiyah, salah satu yang terpenting dan yang menjadi masalah dalam umat Islam adalah ukhuwah islamiyah (hubungan). Berbeda pendapat, berbeda pemikiran bisa merusak hubungan. Dan saat ini sangat penting adanya penguatan ukhuwah sesama muslim. Karena dengan ukhuwah tersebut Islam akan menjadi semakin kuat.

3. Meluaskan silahturrahim, dikehidupan ini, kita disibukkan oleh berbagai masalah dan juga kegiatan. Waktu yang terbatas membuat kita sulit untuk menyambung silahturrahim. Dengan sholat berjamaah memberikan kita kesempatan untuk meluaskan dan mempererat silahturrahim dengan orang terdekat kita atau bahkan orang baru.

4. Selalu siap menerima perbedaan, perbedaan adalah salah satu factor pemecah belah. Terkadang dalam menunaikan sholat pun ada perbedaan, contoh nyata ada di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, dimana di sana banyak orang yang datang dari berbagai negara dengan cara sholat mereka yang kita lihat berbeda. Dengan sholat berjamaah, kita harus menerima perbedaan itu.

5. Merasakan kesetaraan kedudukan di hadapan Allah, saat melakukan shalat berjamaah, kita disatukan dengan berbagi suku, jabatan, kedudukan, harta. Tidak ada diskriminasi dalam sholat berjamaah karena mereka harus bersatu dalam shaf-shafnya. Karena dimata Allah semua sama, saat sholat pun kita harus melupakan jabatan serta kedudukan duniawi.

6. Sarana mendisiplinkan diri, shalat berjamaan adalah salah satu cara untuk melatih disiplin. Bagaimana kita harus tepat waktu saat sholat, mengikuti gerakan imam sampai shalat berakhir. (sumber: ROL)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>