Din: Jangan Campuri Doktrin dan Keyakinan Agama Lain

Utusan Presiden Untuk Dialog dan Kerja Sama Antara Agama Din Syamsudin mengatakan, etika menjadi salah satu kunci dalam membangun kerukunan antar umat beragama. Rujukan ini diyakini mampu membuat perbedaan agama di masyarakat tidak terpecah dan tetap terjalin secara utuh.

Din mengatakan, salah satu poin dalam tujuh poin yang telah dirangkum oleh pemuka agama adalah Etika Kerukunan. Dalam penjabarannya terdapat beberapa hal penting yang harus dilakukan bersama.

Pertama, setiap pemeluk agama memandang pemeluk agama lain sebagai sesama makhluk Tuhan dan sesama saudara sebangsa. Kedua, setiap pemeluk agama memberlakukan pemeluk agama lain dengan niat dan sikap baik, empati, penuh kasih sayang, dan sikap saling menghormati.

Ketiga setiap pemeluk agama mengembangkan dialog untuk kemajuan bangsa. Keempat, setiap pemeluk agama tidak memandang pemeluk agama lain dari sudut pandangnya sendiri dan tidak mencampuri urusan internal agama lain.

“Setiap pemeluk agama pun harus menghormati persamaan dan perbedaan masing-masing agama dan tidak mencampuri wilayah doktrin, akidah, atau keyakinan, serta praktik-praktik peribadatan agama lain,” ujar Din Syamsudin di Istana Kepresidenan, Sabtu (10/2).

Terakhir, setiap peneluk agama harus berkomitmen bahwa kerukunan antara pemeluk agama tidak menghalangi penyiaran agama dan sebaliknya. Butir-butir ini akan menjadi etika kerukunan dan akan disosialisasikan secara berasama secara masif.

Din menyampaikan, masih banyak poin termasuk sejumlah rekomendasi pemuka agama terhatap pemerintah, DPR, pers, dan pihak-pihak lain yang merupakan stakeholder kerukunan. Karena bagi pemuka agama, sering sekali ketegangan dan konflik antar umat sesungguhnya bukan dikarenakan faktor agama tertentu, tapi lebih banyak faktor non-agama, seperti sospolekonomi apalagi yang mengandung kesenjangan. (sumber: ROL)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>