Dari Serambi Mekah, 1.000 Ton Beras Diberangkatkan ke Suriah

Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) melepas 1.000 ton beras yang akan diberangkatkan ke Suriah, Ahad (15/04/2018). Bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia itu dibawa dengan truk besar dari Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, menuju ke pelabuhan Belawan, Medan.

Presiden ACT Ahyudin mengatakan, pengiriman bantuan 1.000 ton beras sebelumnya telah dilakukan untuk Palestina. Begitu pula dengan Suriah, rencana pengiriman tidak akan berhenti pada hari ini.

“Aceh segera mengirimkan 1.000 ton beras ke Suriah pada tahap pertama, diikuti oleh tahap-tahap berikutnya. Masyarakat Turki sudah tahu sekarang bahwa ada 1.000 ton beras dari Aceh,” kata Ahyudin seperti dilansir Islam News Agency (INA), kantor berita yang diinisiasi JITU.

Kepala Cabang ACT Aceh Husaini Ismail mengatakan, dari Medan, kapal kemanusiaan itu akan bertolak menuju Turki.

Lebih lanjut Husaini menjelaskan, Aceh dipilih sebagai lokasi pemberangkatan dikarenakan nilai historis kota tersebut serta kedekatannya dengan dengan Turki.

Sebelum acara pelepasan bantuan, ribuan masyarakat Aceh mendengar para tokoh agama berkhotbah tentang keutamaan Aceh dan warganya yang ringan bersedekah.

“Aceh telah membesarkan Indonesia dengan seribu ton beras. Sejarah akan mencatat. Peradaban sudah ada di negeri ini,” ucap dai asal Papua, Ustadz Fadlan Garamatan.

Dengan nada yang menggebu-gebu, Ustadz Fadlan juga menyeru agar masyarakat dan pemerintah menjaga semangat kemanusiaan terhadap sesama.
BACA JUGA Ketua FPI Laporkan Ade Armando ke Polisi

Sementara Syaikh Ali Jaber dalam tausiyahnya menjelang Maghrib berhasil membuat warga yang hadir hanyut dalam nasihat dan pengakuan tentang kemuliaan bangsa Indonesia di mata kaum Muslimin.

“Baru saya paham mengapa Allah bawa saya dari Madinah ke Indonesia. Di Palestina, pemuda-pemudi di sana bisa berbahasa Indonesia,” tutur Ali Jaber bercerita mengenai pengalamannya ke Palestina.

“Mengapa mereka begitu mencintai Indonesia? Jawabnya sederhana, karena Indonesia sangat mencintai bangsa Palestina. InsyaAllah lewat Aceh, Indonesia akan bangkit lewat kemakmuran,” ucapnya.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah, Presiden ACT Ahyudin, Syaikh Ali Jaber, dan Ustadz Bobby Herwibowo bersiap melepas keberangkatan 1.000 ton beras untuk rakyat Suriah dari Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Ahad (15/04/2018). (sumber: kiblat.net)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>