‘Israel’ Resmikan Pusat Kebudayaan Yahudi dan Mengusir Keluarga Palestina

Penjajah ‘Israel’ hari Rabu menandai peluncuran Pusat Warisan Budaya Yahudi baru di Yerusalem (Baitul Maqdis), dimana keluarga Palestina dipaksa keluar dari gedung yang akan menjadi pusat peninggalan tersebut.

Pusat Warisan Kebudayaan Yahudi akan menelan biaya lebih dari $ 1 juta, ditempatkan di bangunan yang diklaim pihak ‘Israel’ sebagai sinagog tua Yaman, bersebelahan dengan pusat pemukiman ‘Israel’ di jantung Kota Silwan – Baitul Maqdis Timur, kutip Anadolu Agency.

Pihak ‘Israel’ mengklaim bahwa imigran Yahudi dari Yaman mendirikan sinagog tesebut pada tahun 1881 dan meninggalkannya pasca peristiwa Revolusi Buraq, tahun 1929 dan selama Revolusi Besar Palestina tahun 1936-1939.

Koran Haaretz, hari Ahad (29/07/2018) melaporkan untuk pembangunan hunian tersebut, Kementerian Yerusalem dan Warisan Kebudayaan ‘Israel’, mengalokasikan dana sebesar 3 juta syikal atau 821.000 dolar AS sementara Kementerian Kebudayaan ‘Israel’ sebesar 1,5 juta syikal atau 410.000 Dolar AS.

Sebuah upacara menandai peluncuran itu dihadiri oleh Menteri Urusan Jerusalem Ze’ev Elkin dan Menteri Kebudayaan Miri Regev. Mantan gubernur Arkansas dan A.S. calon presiden Mike Huckabee juga hadir.

Tahun 2015 silam, pengadilan ‘Israel’ mengeluarkan keputusan mengusir keluarga Palestina yang tinggal di lokasi tersebut dengan paksa.

Keluarga Abu Nabani telah tinggal di sinagoga lama namun oleh bekerja sama dengan organisasi radikal Ateret Cohanim, kelompok yang bekerja untuk mendirikan mayoritas Yahudi di Kota Tua dan Baitul Maqdis (Yerusalem) Timur mengusirnya.

Organisasi HAM Palestina membantah klaim kelompok Yahudi itu, mereka menegaskan bahwa keluarga Palestina tersebut telah tinggal disana sebelum ‘Israel’ menduduki dan merampas tanah Palestina tahun 1948.

Organisasi ini memiliki rencana untuk membangun Kuil Sulaiman, dan dilaporkan berada di balik pembelian properti penting di Palestina, yang bertujuan untuk mengukuhkan kehadiran Yahudi di Baitul Maqdis. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>