Yusuf Abdullah Bonner: Allah Selalu Membimbingku

Empat tahun lalu, setelah mengucapkan dua kalimah syahadat, Yusuf Abdullah Bonner membaca Alquran dan menunaikan shalat secara sembunyi-sembunyi di sebuah biara yang telah menjadi rumahnya selama sepuluh tahun. Ketika itu, ia mengaku cemas keislamannya akan diketahui para biarawan.

Rasa takut lenyap dalam dirinya setelah ia membaca terjemahan surah al-Hadid ayat 27, Dan, mereka mengada-adakan rahbaniyyah, padahal kami tidak mewajibkannya atas mereka. Akan tetapi, (mereka sendirilah yang mengada-adakannya) untuk mencari keridhaan Allah, lalu mereka tidak memeliharanya dengan pemeliharaan yang semestinya.

Setelah membaca ayat itu, aku tahu bahwa aku tidak bisa terus bekerja di sana (biara). Subhanallah, ujar pria yang kini menjadi aktivis dakwah di Inggris itu. Bonner pun memutuskan untuk meninggalkan biara. Ia berkhidmat menjadi aktivis dakwah dan membantu para pendatang baru (mualaf) ke jalan Islam yang benar.

Bonner dilahirkan di Fulham, London, tanpa keyakinan dan pendidikan berbau agama. Meski tak mengenal agama, sejak kecil ia mengaku memiliki satu perasaan yang samar, namun menggema di dadanya. Bahwa ada Tuhan yang selalu melindungiku.

Perasaan itu membuatnya serius berpikir tentang agama dan spiritualitas saat mulai berusia 20 tahun. Berbagai filosofi yang dinilainya aneh sekaligus mengagumkan diamatinya hingga sepuluh tahun berikutnya. Namun, kuakui pada awalnya pemikiran itu sering teralihkan oleh hal-hal duniawi, katanya.

Hingga kemudian ketika Bonner semakin serius mengamati segala bentuk spiritualitas itu, ia mendalami banyak konsep seperti Neo-Paganisme (paham yang merepresentasikan keberadaan dan kekuatan Tuhan dengan materi fisik, misalnya berhala) dan gerakan yang menyertainya, hingga meditasi Buddha.

Pada masa tersebut, Bonner mencoba melihat ke masa lalu dan menyadari bahwa sejauh itu ia tertarik filosofi-filosofi pagan karena ia membenarkan segala hasrat duniawi dan juga egoisme.

“Aku tak membutuhkan terlalu banyak waktu untuk berada dalam paham dan filosofi itu dan aku segera melanjutkan pencarianku menemukan kebenaran,” kata Bonner, yang setelah itu memutuskan mempelajari agama lain. Ia berusia 30 tahun saat mulai mempelajari ajaran Buddha.

Selama beberapa tahun setelahnya, ia mencoba mempraktikkan meditasi Buddha di berbagai sekolah Buddha dan merasa terpanggil untuk kembali melanjutkan pencariannya. Aku sadar, aku belum menemukan kebenaran waktu itu.

Satu waktu, Bonner mendatangi sebuah gereja, Aku meminta Tuhan membimbingku. Tak lama setelah kunjungan ke gereja itu, ia mendatangi gereja Katolik, ia akhirnya terlibat dalam aktivitas kebiaraan. Selama sepuluh tahun lamanya Bonner bekerja di sana dan juga menetap sesekali.

Selama itu, ia berbagi dengan para pendeta dan biarawan tentang doa. Selama itu pula, aku mengalami keadaan iman yang naik-turun, padahal aku tengah berada dalam proses menjadi seorang biarawan saat itu.

Ternyata Allah punya rencana lain. Pada musim dingin tahun 2006, ia mengalami apa yang disebutnya keruntuhan iman. Ia tetap bekerja di biara meski tak lagi berdoa dan menghadiri kegiatan biara. Namun, di balik itu Bonner terus menerus meminta bimbingan dan pertolongan Tuhan.

“Aku kehilangan kepercayaanku pada ajaran gereja, tapi tetap menyimpan perasaan yang kumiliki sejak kecil, bahwa Allah selalu melindungiku, katanya.

Bonner kemudian melirik Islam dan mulai berbicara dengan beberapa Muslim secara online. Termasuk dengan mereka yang baru memeluk Islam. Dari mereka, Bonner yang kala itu berusia 41 tahun mulai mempelajari Islam lewat buku-buku yang mereka kirimkan. Semoga Allah membalas perbuatan baik mereka itu, katanya.

Begitulah, Bonner mengenal dan mempelajari Islam tanpa bertemu seorang Muslim pun. Hanya dua bulan setelah itu, September 2007, ia pergi ke masjid terdekat dan mengucapkan syahadat. Alhamdulillah, ujarnya.

Setelah mengikrarkan kesaksiannya sebagai seorang Muslim, pria yang pernah menempuh studi di University of Kent, Canterbury, ini tetap bekerja di biara dan tetap tinggal di sana sesekali. Hingga keadaan itu mulai dirasanya sulit.

“Aku membaca Alquran dengan satu mata yang terus mengamati pintu, kalau-kalau salah seorang biarawan melihatku, katanya.

“Aku juga shalat secara sembunyi-sembunyi karena tentu mereka tidak bisa menerima keislamanku. Potongan ayat surah al-Hadid ayat 27 kemudian membuatnya sadar bahwa ia harus keluar dari biara.

Keputusan itu menjadi satu hal yang sulit diambil Bonner mengingat ia telah tinggal di sana selama sepuluh tahun. Para pendeta dan biarawan di sana sudah seperti saudaraku, katanya. Namun, ia yakin keputusan itu harus diambilnya. Ia juga berhenti bermain musik di pub yang cukup lama menjadi salah satu kegiatannya.

Semuanya tidak serta merta menjadi mudah sejak itu dan Bonner justru meng alami sebaliknya. Perubahan drastis dalam hidupnya membuatnya labil. Dalam bulan-bulan pertama, ada banyak sekali godaan untuk kembali ke kehidupan lamaku.

“Tapi, setelah merasakan kebenaran, rasanya tidak ada alasan untuk kembali hidup dalam kebohongan, senyaman apa pun kehidupan itu, katanya.

Bonner bersyukur, semua tak sesulit yang ditakutkannya dan ia merasa Allah memberinya kekuatan untuk berjuang meninggalkan masa lalunya dan memulai kehidupan baru. Ada banyak tantangan sulit di sepanjang jalan yang kulalui, tapi ada banyak juga hal-hal menakjubkan, ujarnya seraya kembali ber- tahmid.

Dengan rahmat Allah, kata Bonner, ia akhirnya dapat bekerja di ladang dakwah dengan bantuan sejumlah Muslim dari Islamic Education and Research Academy (iERA) yang didirikan oleh seorang mualaf Inggris, Yusuf Chambers. Melalui institusi tersebut, Bonner bisa membantu dan mendukung para mualaf dan ia mengaku senang dengan itu. Allah subhanahu wa ta’ala telah memberkatiku dengan berbagai cara, katanya.

Permasalahan dan tantangan terus mengiringi kehidupan Bonner yang meng ubah namanya menjadi Yusuf Abdullah Bonner. Terkadang, katanya, tantangan itu begitu membingungkannya. Tapi, aku bisa mempertahankan sebuah pengetahuan dasar bahwa, Alhamdulillah, Allah telah membimbingku pada Islam. Selebihnya, adalah persoalan nomor dua, katanya.

Perhatian dan kesibukanku sekarang adalah untuk mereka yang belum berislam dan mereka yang baru mendapat hidayah untuk memeluk Islam, kata aktivis dakwah yang menikahi wanita Kroasia bernama Sakinah. Ada banyak kekuatan dan dorongan yang terus menggoda kita untuk menjauh dari kebenaran. Untuk itu, kita harus berpegang erat kepada tali (agama) Allah dan tidak saling bercerai-berai, ujarnya sambil mengintisarikan sebagian ayat ke-103 surah Ali Imran. (sumber: Oase Republika)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>