PBB Janji Lindungi Tempat Ibadah se-Dunia

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres, pada hari Jumat (22/03/2019) berjanji untuk mengambil tindakan untuk melindungi tempat-tempat ibadah di seluruh dunia, selama kunjungan ke sebuah Pusat Islam di New York.

Dia mengunjungi tempat ini satu minggu setelah insiden penembakan di dua masjid di Selandia Baru. “Masjid dan tempat ibadah seharusnya menjadi area bagi orang-orang untuk berlindung, bukan terorisme,” kata Guterres. “Para jamaah harus merasa aman untuk beribadah,” ujarnya dikutip AFP.

Guterres juga bertemu dengan para jamaah di masjid Pusat Kebudayaan Islam di Manhattan sebelum para jamaah melakukan shalat Jumat. Dia juga menyatakan “dukungan dan persatuan komunitas Muslim dari New York ke Selandia Baru dan masyarakat Muslim lainnya di seluruh dunia.”

Sekretaris Jenderal PBB telah mengumumkan kepada wartawan bahwa dia telah mengerahkan diplomat Spanyol, Miguel Moratinos dengan tanggung jawab untuk menggambar rencana aksi untuk PBB guna mendukung upaya melindungi tempat-tempat ibadah.

Moratinos memimpin Aliansi Sipil PBB, sebuah kelompok yang dipimpin oleh Spanyol dan Turki yang bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman dan budaya lintas budaya yang lebih baik.

Kelompok ini akan bekerja dengan pemerintah, pemimpin agama dan organisasi untuk mengeksplorasi berbagai tindakan yang dapat diambil untuk mencegah serangan seperti insiden penembakan di Christchurch yang menewaskan 50 anggota jamaah shalat Jumat, kutip INI (sumber: hidayatullah/afp)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>