Kemenag Gelar Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadits Alu Su’ud XII

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama kembali menggelar Musabaqah Hafalan Al-Qur’an dan Hadits (MHQH) Pangeran Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud XII, baik tingkat Nasional maupun ASEAN dan Pasifik XII, tahun 2020.

Perhelatan tersebut digelar atas kerja sama Ditjen Bimas Islam Kemenag dengan Atase Agama Kedutaan Saudi Arabia di Jakarta. Direktur Penerangan Agama Islam, Juraidi menjelaskan, MHQH tingkat Nasional akan berlangsung di Hotel Balirung, Matraman, Jakarta, pada 3-6 Februari 2020, yang diikuti 166 peserta putra.

“Untuk putri, lomba berlangsung di Hotel Rivoli Jakarta dan diikuti 104 peserta,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (01/02/2020) sebagaimana siaran pers Kemenag. Ia menambahkan bahwa Atase Agama Kedubes Saudi menyiapkan hadiah bagi para juara mulai SAR5.000 sampai SAR16.000.

Juraidi mengatakan bahwa pemenang MHQH tingkat Nasional ini akan menjadi wakil Indonesia pada MHQH tingkat ASEAN dan Pasifik yang akan digelar pada tanggal 9 – 12 Maret 2020. MHQH ASEAN dan Pasifik akan diikuti 154 peserta dari 27 negara. “Untuk para juara di tiap cabang lomba, telah disiapakan hadiah dari SAR7.500 hingga SAR24.000,” sebutnya.

Musabaqah ini juga akan dihadiri Pangeran Khalid bin Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud, serta Imam dan Khatib Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. “Menag sudah bersurat ke Presiden, berharap agar MHQH tingkat ASEAN dan Pasifik bisa ditutup oleh beliau,” ujarnya.

Peserta MHQH tingkat ASEAN dan Pasifik berasal dari Australia, Azerbaijan, Bosnia Brunei, Cambodia, Croatia, Fiji Island, Hongkong, Indonesia, Japan, Khazakztan, Kirqistan, Malaysia, Myanmar, New Zealand, Papua New Guinea, Philippines, Rusia, Singapura, South Korea, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Timor Leste, Tiongkok, Turkmenistan, dan Usbekistan.

Sebelumnya, MHQH XI tingkat ASEAN dan Pasifik tahun 2019 yang berlangsung di Jakarta ditutup oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Saat itu Indonesia menyapu bersih juara satu untuk seluruh cabang lomba. Ada empat kategori lomba hafalan Al-Qur’an, yaitu: 10 juz, 15 juz, 20 juz, dan 30 juz, serta satu kategori hafalan hadits.

“Ajang tahunan ini memberi dorongan dan motivasi generasi Muslim Indonesia dan dunia untuk menghafal Al-Qur’an dan Hadits,” tutup Juraidi. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>