Hidup Satu Abad Sang Penyair Berkat Doa Rasulullah SAW

Ucapan-ucapan Rasulullah SAW senantiasi terkabul dan didengar para penghuni langit. Beberapa doa yang dilontarkan Rasulullah SAW senantiasi Allah SWT kabulkan. Seperti dinukilkan dalam buku berjudul “Pribadi Muhammad” karya Dr Nizar Abazhah, Nabi SAW mendengarkan puisi di masjid dan memberi ijazah (izin) kepada sejumlah penyair. Seperti saat beliau menyimak Hassan ibn Tsabit membacakan puisi-puisinya.

Nabi SAW bersabda, “Ruh Kudus (Jibril) akan selalu meneguhkanmu selama yang kau hembuskan adalah Allah dan Rasul-Nya.” (HR Muslim dari Aisyah). Nabi SAW juga menyimak Ka’b ibn Zuhair mengalunkan kasidah yang dibuka dengan bait:

“Begitu utama Su’ad. Hari ini hatiku mabuk kepayung. Terbelenggu, jejak luka tak tertebus.”

Nabi Muhammad SAW memberi izin kepada Ka’b dan memberinya maaf setelah sekian lama memusuhi kaum Muslim dan menyerang mereka lewat puisi-puisinya.

Selain itu, Nabi SAW juga menyambut Al Khansa’ dan memintanya membacakan kasidah. Namun, suatu waktud ia pernah mendebat Al Nabighah Al Ju’di dalam kasidah yang bait pembukanya berbunyi:

“Pejamkan sejenak. Bayangkan berhijrah. Walau itu telah dirampas waktu.”

Ketika sampai pada bait:

“Kami telah menginjak langit. Kemuliaan kami, bahkan domba betina kami. Dan sungguh kami berharap lebih tinggi lagi.”

Nabi bertanya, “Ke mana, wahai Abu Laila?”

Dijawabnya, “Ke Syurga. Insya Allah.”

ketika sampai pada bait:

“Tak ada kebaikan bermurah hati. Jika kejernihannya tak gegas dilindungi.”

Nabi SAW bersabda lagi, “Semoga Allah mengutuhkan gigimu.”

Benarlah, Al Nabighah hidup 130 tahun atau sekitar itu dengan gigi utuh.

Kendati demikian, Nabi Muhammad SAW tidak pernah bersyair walau sebaris pun. Sebab Allah berfirman dalam surat Yasin ayat 69, yang berbunyi: “Dan Kami tidak mengajarkan syair (puisi) kepadanya (Muhammad) dan bersyair itu tidaklah layak baginya.”

Dengan begitu, ucapan Muhammad terjaga dari peniruan dan tidak bercampur aduk dengan puisi.

Sebagaimana Hasan ibn Ali meriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW mengambil ucapan Suhaim, budak Bani al-Hashas sebagai contoh. Beliau kemudian bersabda: “Cukuplah dengan Islam dan uban sebagai pencegah bagi seseorang.”

Kemudian, Abu Bakar berkata kepada Nabi SAW, “Wahai Rasulullah, seandainya kau seorang penyair, maka kau akan mengatakan, “Cukuplah uban dan Islam sebagai pencegah bagi seseorang”.”

Namun Abu Bakar kemudian berkata, “Aku bersaksi bahwa engkau utusan Allah, Dia tidak mengajarimu puisi, dan memang tidak pantas untukmu.”

Meski demikian, Nabi SAW memuji kata-kata yang indah dan bernas serta mendorong siapapun untuk berkata-kata dengan baik. Seperti sabdanya, “Kalimat paling tepat yang pernah diucapkan Labid: Ingatlah, segala selain Allah pasti batil.” (sumber: ROL)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>