MUI Dukung Istighotsah dan Dzikir Nasional Online Tangkal Covid-19

Majelis Ulama Indonesia mendukung upaya-upaya religius berbagai kelompok masyarakat untuk menanggulangi pandemi virus corona jenis baru (Covid-19).

“MUI mendukung diselenggarakan kegiatan Istighotsah dan Dzikir Nasional untuk memohon doa kepada Allah Subhanahu Wata’ala dalam rangka menangkal pandemi wabah virus corona yang melanda bangsa Indonesia dan seluruh masyarakat dunia,” ujar Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi kepada hidayatullah.com Jakarta dalam pernyataannya, Kamis (09/04/2020).

Karena ada kebijakan pemerintah untuk menjaga jarak aman physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), maka MUI mengusulkan pelaksanaan kegiatan istighosah dan dzikir bersama dilakukan secara online.

“Yang disiarkan langsung melalui televisi nasional, sehingga bisa diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia dari kediamannnya masing-masing,” tambah Zainut.

Wakil Menteri Agama ini menilai, sebagai umat beragama, berdoa menjadi bagian yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia. “Berdoa merupakan ikhtiar batin untuk memohon pertolongan Allah Subhanahu Wata’ala agar bangsa Indonesia diberikan kekuatan, kesabaran, dan keselamatan dalam menerima ujian, cobaan, musibah dan marabahaya termasuk wabah pandemi virus corona,” ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan istighotsah akan diisi dengan bacaan-bacaan kalimat thayyibah, seperti dzikir, shalawat kepada Nabi dan pembacaan doa. “Kegiatan tersebut bisa dikaitkan sekaligus dengan acara targhib menyongsong bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi tiba,” imbuhnya.

Zainut mengatakan, usulan menyelengarakan Istighotsah dan Dzikir Nasional muncul pada saat Raker Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Kementerian Agama. “Juru bicara Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid menyampaikan untuk menanggulangi wabah Covid-19 perlu menghadirkan pendekatan spiritual melalui Istighotsah dan Dzikir Nasional dengan mengajak seluruh masyarakat untuk bermunajat kepada Allah Subhanahu Wata’ala, agar bangsa Indonesia diselamatkan dari ancaman wabah Covid-19,” ujarnya.

Dia berharap Kementerian Agama menginisiasi kegiatan tersebut dan mengusulkan agar Istighotsah dan Dzikir Nasional langsung dipimpin oleh Wakil Presiden RI Kyai Ma’ruf Amin yang juga sebagai Ketua Umum MUI. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>