Sudah 380 Masjid Dihancurkan ‘Israel’ di Gaza

Tentara penjajah “Israel” telah menghancurkan 380 masjid dan tiga gereja di Gaza sejak awal agresinya pada 7 Oktober lalu, lapor Kantor Media Pemerintah di Jalur Gaza pada Jumat (12/01/2024).

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan di Gaza mengumumkan bahwa jumlah korban tewas akibat agresi di wilayah tersebut telah meningkat menjadi 23.469 orang yang gugur dan 59.604 orang terluka.

Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa penjajah Zionis telah melakukan sepuluh pembantaian terhadap keluarga-keluarga di wilayah tersebut dalam 24 jam terakhir, yang mengakibatkan 112 orang tewas dan 194 lainnya terluka.

Sejak Oktober, tentara penjajah Zionis sengaja menargetkan masjid, gereja, dan situs-situs bersejarah di Jalur Gaza sebagai upaya untuk menghapus keberadaan agama, budaya, dan warisan di wilayah tersebut, serta menyembunyikan bukti sejarah dan kedalaman sejarah Palestina di Gaza, menurut Kantor Media Pemerintah.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Komite Tindak Lanjut Tinggi untuk Warga Arab Israel pada 2020, mengungkapkan bahwa pihak berwenang Israel telah mengubah 15 masjid di wilayah pendudukannya menjadi sinagog Yahudi.

Studi ini juga menunjukkan bahwa 40 masjid dihancurkan, ditutup, atau ditelantarkan, sementara 17 lainnya diubah menjadi lumbung, bar, restoran, atau museum.

Salah satu landmark di Tiberias, sebuah masjid yang dikenal sebagai Masjid Zaydani, dibangun dengan gaya arsitektur Mamluk dengan kubah besar dan menara, adalah salah satu yang terlantar akibat penjajahan ‘Israel. (sumber: hidayatullah)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>