16.000 Madrasah di Uttar Pradesh India Ditutup

madrasah-uttarpradesh-ditutup

Umat Islam, terutama para pengajar Muslim di India memprotes keras putusan pengadilan terkait perintah penutupan ribuan sekolah agama yang dikenal sebagai madrasah di negara bagian paling padat penduduknya, Uttar Pradesh.

Ketuk palu yang diputuskan hakim pada 22 Maret lalu, Pengadilan Tinggi Allahabad membatalkan UU Dewan Pendidikan Madrasah Uttar Pradesh 2004, dengan mengatakan UU tersebut melanggar sekularisme konstitusional India. Pengadilan memerintahkan semua siswa sekolah Islam di Uttar Pradesh untuk pindah ke sekolah “reguler”.

Para pemimpin Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa mengatakan, keputusan itu akan menguntungkan masyarakat Muslim dengan memberi kesempatan kepada para pelajar di komunitas mereka untuk belajar di sekolah-sekolah umum modern.

Tetapi para pemimpin Muslim mengatakan putusan itu mengabaikan reformasi bertahun-tahun yang telah memodernisasi madrasah di India, dan memperkenalkan silabus yang telah disetujui secara nasional, dengan berbagai mata pelajaran seperti fisika, kimia, matematika, pemograman komputer serta ilmu-ilmu sosial.

“Perintah pengadilan melanggar Pasal 29 dan 30 Konstitusi India, yang menjamin hak minoritas keagamaan untuk mendirikan dan mengelola insitusi pendidikan pilihan mereka,” kata Zafarul-Islam Khan, mantan ketua Komisi Minoritas Delhi kepada VOA. (sumber: VOA)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>