Mengenal Allah Melalui Nama dan Sifat-sifat-Nya

Salah satu cara mengenal (ma’rifat) kepada Allah SWT adalah dengan memahami nama-nama yang baik (asmaul husna) beserta sifat-sifat-Nya yang agung dan mulia. Nama-nama yang diperkenalkan oleh Allah SWT sendiri tersebut sengaja diperkenalkan kepada manusia agar supaya makhluk-Nya itu mengenal siapa Tuhannya.

Seruan Allah SWT untuk mengenal secara baik nama-nama-Nya, disebutkan dalam Al-Quran, diantaranya terdapat dalam surat Al-Isra ayat 110, “Katakanlah: serulah Allah dan serulah Ar-Rahman. Mana saja nama Tuhan yang kamu sekalian seru itu, Dia adalah mempunyai nama-nama yang baik (asmaul husna).”

Firman Allah yang lain terkait dengan seruan untuk menyebut nama-Nya dengan panggilan yang baik terdapat dalam surat Al-A’raf ayat 180, “Bagi Allah adalah nama-nama yang baik, maka serulah dengan menggunakan nama-nama itu.”

Asmaul husna yang dipernalkan oleh Allah SWT itu semuanya berjumlah 99 nama. Jumlah ini disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana sabdanya, “Allah itu mempunyai sembilan puluh sembilan nama. Barangsiapa menghafalnya (mengingat-Nya dengan membekas pada kalbunya), maka ia akan masuk surga. Sesungguhnya Allah itu Maha Ganjil dan cinta sekali pada hal yang ganjil.” (HR. Ibnu Majah).

Selain nama “Allah”, Tuhan yang satu itu juga memiliki nama atau sebutan lain yang masih tersisa 98 nama, antara lain Ar-Rahman (Maha Pengasih), Ar-Rahim (Maha Penyayang), Al-Malik (Maha Merajai), Al-Quddus (Maha Suci), As-Salam (Maha Menyelamatkan), Al-Mukmin (Maha Pemelihara), dan Al-Muhaimin (Maha Penjaga).

Dengan mengingat, menyebut, serta merasakan kehadiran Tuhan dalam hidup kita sehari-hari, niscaya Allah SWT akan memberikan kedamaian dan, sebagaimana janji-Nya, kelak kita akan masuk surga. Amin. (w-islam)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>