Bagaimana Jalan Menuju Jiwa yang Hidup?

Pertanyaan:

Assamu’alaikum wr. wb. Dalam Al-Quran Surah al-Anfal ayat 24, Allah SWT menyeru kepada orang-orang yang beriman ke arah apa yang menghidupkan mereka. Yang diseru adalah orang-orang yang hidup. Apa maksudnya? Terima kasih atas jawabannya.

Dodo Tanjung-Jakarta Selatan

Jawab:

Wa’alaikumussalam wr. wb.

Saudara Dodo Tanjung yang diberkahi Allah…. Coba kita baca secara lengkap arti surah al-Anfal di bawah ini, ”Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada sesuatu yang memberi kehidupan kepada kamu, dan ketahuilah sesungguhnya Allah mendinding antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan.” (QS. Al-Anfal: 24)

Di antara manusia yang hidup terdapat dinding pemisah antara diri dan hatinya. Yang mendinding Allah SWT, mendinding itu artinya menguasai dan memiliki. Manusia kelihatan hidup dan berguna, tetapi jika didinding oleh Allah, ia sebenarnya mati. Mati jiwa dan hatinya. Tanda dan bukti jiwa yang hidup yaitu:

1.         Mematuhi perintah dan larangan Allah dengan rasa cinta kepada-Nya dan disungguhkan hatinya.

2.         Untuk memperoleh pengampunan dan ridha Allah.

3.         Membenarkan seluruh ajaran (risalah) Allah yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

4.         Mengupayakan kemakmuran dan kesejahteraan umat manusia.

5.         Keserasian hidup antara manusia dengan segala isi alam semesta.

Melaksanakan perintah dan larangan Allah SWT dapat menyelamatkan hati manusia dari perangkap hawa nafsu dan tawanan dosa dan dapat menyingkirkan dinding antara manusia dengan hatinya. Itulah jiwa yang hidup. Arti menghidupkan adalah kepatuhan, ketaatan manusia kepada perintah Allah, membawa mereka kepada ketenteraman, kedamaian, kerukunan, dan keserasian hidup. (w-islam.com)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>