Membaca Motif Perang Amerika Melawan “Terorisme”

Seperti sudah dijelaskan dalam surah al-Baqarah ayat 120 beberapa belas abad yang lalu, “Dan tidak akan ridha, Yahudi dan Nasrani hingga kita mengikuti agama mereka.” Implikasi dan konstelasi yang terjadi di lapangan adalah, umat Islam kerap dimusuhi tanpa sebab. Selalu saja jadi kambing hitam dalam setiap permasalahan yang ada. Seakan seperti sebuah konspirasi. Mereka melakukan apa saja untuk menghancurkan Islam dari segala sisi kehidupan. Islam laksana sebuah bola yang ditusuk dari beberapa bagian.

Buku yang ditulis oleh orang yang sudah malang-melintang di pusat intelijen Amerika Serikat ini memaparkan kepada Anda berbagai informasi ekslusif tentang strategi dan operasi AS menghadapi terorisme langsung dari meja kerjanya. Penulis adalah orang nomor 1 di masa pemerintahan Bill Clinton dan George W. Bush yang paling menentang terorisme. Dalam buku ini, seluruh rahasia dan kepiawaian penulis dalam dunia yang penuh intrik politik ini ditumpahkan.

Membaca buku ini bagaikan masuk ke dunia intelijen AS. Kita merasa sebagai agen intelijen AS yang kerap mengadakan sidang-sidang darurat, rapat koordinasi sebelum serangan dilancarkan, juga hal lain yang Anda tidak pernah dapatkan di media mana pun. Pengkhianatan yang sering terjadi di dunia intelijen yang sering terjadi pun diulas dengan mendetail oleh penulis.

Dick Clarke, demikian penulis sering dipanggil, adalah mantan koordinator nasional AS dalam upaya terorisme, keamanan, operasi pemerintahan darurat, komandan operasi penertiban senjata pemusnah massal, dan segudang jabatan kunci intelijen lainnya. Tokoh Yahudi ini telah terlibat sejak masa Presiden Ronald Reagen, George Bush, Bill Clinton, hingga Bush Jr, sehingga dengan track record seperti itu, jelas buku ini ditulis bukan oleh orang sembarangan.

Buku ini memang lahir dari kisah nyata keseharian yang dilakukan penulis. Hingga suatu ketika penulis berbeda pendapat dengan Presiden George W. Bush dalam kasus melawan umat Islam.

Disusun dengan gaya bertutur, membuat buku ini enak dibaca dan memuat sejumlah informasi penting dan menarik. Meskipun tidak ada jaminan bahwa penulisnya bertindak jujur dan objektif dalam melihat sebuah fakta dan laporan, namun sekurang-kurangnya tulisan ini bisa menginformasikan tentang sisi lain yang sebelumnya tidak pernah dipublikasikan oleh media tentang perang dan rencana Amerika dari balik layar.

Terlepas dari plus-minusnya buku ini, masyarakat Islam khususnya menjadi lebih tahu tentang konspirasi dan rencana Amerika dalam menumpas gerakan Islam yang sebenarnya biasa saja namun distigmakan oleh AS sebagai sebuah musuh bersama yang harus ditumpas. Akhirnya seperti diungkapkan Allah SWT dalam surah al-Hujuurat ayat 6, marilah kita melakukan tabayyun (cek) terhadap segala macam kabar dan berita yang datangnya dari manusia. Apalagi jika kita tahu bahwa mereka (Yahudi dan Nasrani) termasuk kategori kaum yang suka atau sering berbuat fasik. Wallahu’alam. (w-islam.com)

 

Info Buku

Judul              : Against All Enemies, Inside America’s War on Terror

Penulis          : Richard A. Clarke

Tebal              : xxiv + 288 hlm.

Penerbit         : Sinergi Publishing


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>