Mendikbud: Indonesia Harapan Dunia Islam

Sebagai negara Muslim terbesar, Indonesia berkesempatan menjadi pengusung panji rahmatan lil alamin (rahmat bagi seluruh alam). Hal tersebut pun sangat dinantikan warga dunia, terutama dunia Islam.

Saat membuka acara MTQ mahasiswa nasional di Kota Padang, Ahad (23/6) malam, Mendikbud Muhammad Nuh mengatakan, Infonesia satu-satunya negara yang mampu membabgun rahmatan lil alamin. Bahkan dengan hal tersebut, Indonesia pun dapat menjadi negara maju.

“Mengibarkan bendera rahmatan lil alamin yang bisa cuma Indonesia. Mengapa? Karena jumlah penduduk Indonesia besar dan myoritasnya Islam, dan sebagian besar yang Islam itu sangat moderat. Dunia berharap, dari indonsia ini akan dinaikan bendera rahmatan lil alamin,” ujarnya.

Jika panji rahmatan lil alamin dapat berkibar, lanjut Nuh, maka masyarakat selain Islam pun dapat memperoleh perlindungan. Organisasi kekerasan yang mengatasnamakan Islam pun dapat dibendung. “Rahmatan lil alamin, bukan rahmatan lil islam. Syaratnya bukan harus muslim semua. Konsep ini yang tidak dipakai. Padahal syaratnya tidak Islam semua. Seperti halnya Rasulullah juga bisa melakukan dengan masyarakat beragam termasuk yahudi,nasrani,” tuturnya.

Terkait dengan MTQ, ia mengatakan, pemuda atau mahasiswa yang mampu mengemban tugas mengusung panji tersebut. Oleh karena itu, ia mengapresiasi kegiatan MTQ yang dilaksanakan rutin. Karena dari MTQ, para pemuda diasah untuk mencintai kitab Allah.

Kepada lembaga penyelenggara MTQ, Nuh berpesan agar menggiatkan tiga hal penting. Hal tersebut yaitu menumbuhkan kecintaan pada Alquran. Serta memahami makna yang terkandung dalam Alquran dan menumbuhkembangkan penerapkan substansinya dalam kehidupan masyarakat. (sumber: ROL/24/6/2013)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>