Saudi Renovasi 647 Masjid dengan Dana 500 Juta Riyal

Jurubicara Kementerian Urusan Islam, Wakaf, Dakwah dan Bimbingan Arab Saudi mengatakan, saat ini renovasi atas 647 masjid sedang dilaksanakan.

“Program perbaikan masjid Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah terus mengalami kemajuan,” kata wakil menteri untuk urusan administrasi dan teknis Abdullah al-Huwaimil, dikutip Arab News (29/8/2013).

Pejabat Kementerian Urusan Islam itu menjelaskan, prioritas perbaikan masjid di berbagai kota dan desa di seluruh wilayah Arab Saudi didasarkan pada hasil kajian teknis dan arsitektural. Begitu dana sebesar 500 juta riyal cair, pengerjaannya akan langsung dimulai.

Perusahaan pelaksana perbaikan masjid-masjid itu ditetapkan oleh Menteri Saleh al-Asyaikh berdasarkan tender.

Kementerian Urusan Islam belum lama ini mengumumkan mengalokasikan 85 juta riyal untuk perbaikan masjid di lebih 19 gubernuran dan daerah pedesaan. “Masjid-masjid itu akan direnovasi dengan standar tertinggi,” kata Abdullah al-Nasir, direktur kementerian untuk wilayah Provinsi Makkah.

Untuk renovasi di wilayah Makkah, alokasi dana didistribusikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing masjid, yang ditetapkan oleh sebuah komite.

Di wilayah Jazan, pejabat kementerian Sa’ad al-Namasi mengatakan untuk perbaikan 66 masjid pemerintah daerah mendapatkan dana 33 juta riyal.

Sementara itu untuk Provinsi Timur dan Qassim, kementerian menyediakan dana 9 juta riyal untuk memperbaiki 42 masjid. (sumber: hidayatullah/30/7/2012)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>