Paus Rahasiakan Survei tentang Etika Seks Katolik

Gereja Katolik dinilai tak jujur pada jemaatnya, Paus Fransiskus meminta hasil survei tidak diumumkan sampai pertemuan Oktober

Gereja Katolik Inggris dan Wales menolak permintaan seorang jemaatnya agar hasil dari survei tentang etika seks Katolik diumumkan.

Survei yang berlangsung di seluruh dunia itu belum pernah ditempuh sebelumnya dan diminta untuk Paus Fransiskus, demikian dikutip BBC, Kamis (17/04/2014).

Kubu reformis mengatakan penolakan untuk mengumumkan hasil itu memperlihatkan Gereja Katolik tidak jujur dalam berbagi tanggung jawab dengan jemaatnya.

Seorang juru bicara gereja di Inggris mengatakan pejabat senior Vatikan meminta agar rangkumannya dirahasiakan.

Survei itu diserahkan kepada para uskup-uskup Katolik di seluruh dunia November lalu dengan instruksi untuk disebarkan seluas mungkin.

Yang disurvei antara lain beberapa isu yang peka seperti kontrasepsi, hidup bersama, dan homoseksualitas.

Wartawan urusan agama BBC, Robert Pigott, mengatakan 39 pertanyaan dalam survei dirancang untuk menjadi masukan bagi konferensi Vatikan tentang kehidupan keluarga pada Bulan Oktober.

Pastor Marcus Stock, sekretaris jenderal Konferensi Uskup Katolik, mengatakan kepada program BBC Radio 4 bahwa pertanyaan yang diajukan lebih merupakan ‘konsultasi dan bukan sekedar survei.

Dia menambahkan perintah dari Paus -lewat Kardinal Lorenzo Baldisseri- agar informasi tersebut tidak diumumkan sampai pertemuan Oktober. (sumber: hidayatullah.com/18/4/2014)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>