Mufti Rusia: Muslim Moskow Perlu Tambahan Masjid

Seorang jurubicara senior dari Dewan Mufti Rusia meminta pihak berwenang di Moskow agar mendirikan masjid tambahan di ibukota agar kelebihan jamaah terutamadi hari raya tidak meluber ke jalan-jalan.
“Umat Islam membutuhkan lebih banyak masjid di Moskow. Kami menyarankan ada 10 masjid di seluruh wilayah Moskow, satu untuk masing-masing distrik. Itu akan lebih mudah dan orang tidak perlu menghalangi lalu lintas jika masjid-masjid tersebar merata di seluruh kota,” kata Gulnur Gaziyeva sebagaimana dikutip stasiun radio RSN Senin (28/7/2014), lansir Russia Today.
Saran itu dikemukakan pada hari pertama Idul Fitri 1435 Hiriyah, yang di Rusia dikenal sebagai perayaan Uraza Bairam.
Sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya, ribuan orang memadati dua masjid besar di ibukota Rusia dan membanjiri jalan-jalan di pusat kota Moskow untuk mengikuti shalat Eid.
Tokoh-tokoh Muslim di Rusia beberapa kali menyampaikan gagasan pendirian masjid baru.
Namun, pada Nopember tahun 2013 Walikota Moskow Sergey Sobyanin menolak ide tersebut. Dalam sebuah wanwancara dengan media Sobyanin mengatakan bahwa mayoritas orang-orang yang pergi ke masjid di kota itu adalah para pendatang, imigran yang akan kembali ke daerah asal masing-masing jika kontrak kerjanya sudah berakhir.
Sobyanain berdalih, tiga bangunan masjid yang saat ini ada di Moskow, sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan temat ibadah para warga permanennya pemeluk agama Islam.
Sebelumnya di tahun 2012 stasiun radio Echo of Moskow mengutip pernyataan Sobyanin yang mengatakan bahwa selama dirinya berkuasa tidak akan ada masjid baru yang dibangun di kota itu.
Menurut dara Pemerintah Kota Moskow keseluruhan terdapat hampir 2 juta buruh migran di kota itu, tetapi tidak ada data tentang jumlah buruh migran yang dikategorikan berdasarkan kelompok agama. (sumber: hidayatullah/30/7/2014)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>