Tidak Ada Tempat Pemakaman Bagi Muslim di Finlandia

Muslim di Finlandia sampai sekarang harus menghadapi dilema terkait pemakaman setelah enam tahun usaha mereka sia-sia untuk mencari lahan yang dapat digunakan sebagai pemakaman khusus Muslim di wilayah Uusimaa.
Sejak tahun 2008, Muslim yang tinggal di wilayah tersebut telah mencari lokasi yang cocok untuk dijadikan pemakaman khusus Muslim.

“Anda pasti akan berpikir bahwa kami akan bisa menemukan daerah di Uusimaa yang dapat dipakai untuk penggunaan pemakaman Muslim,” kata wakil ketua Dewan Islam Finlandia Pia Jardi pada hari Senin lalu.
Menurut OnIslam, selama enam tahun terakhir, Muslim Finlandia telah mengajukan permintaan di 16 kota yang berbeda dan kota-kota di wilayah Uusimaa Finlandia selatan, namun tak satu pun dari usaha mereka itu berhasil.
“Mungkin itu ada hubungannya dengan kurangnya kemauan politik. Bahkan ada forum web yang sangat anti-Muslim,” jelas Jardi, mencatat bahwa mereka telah diberitahu bahwa kurangnya lahan yang cocok untuk pemakaman.
“Bahkan ada beberapa kasus di mana Muslim yang meninggal harus dikuburkan di luar negeri meskipun keluarga tidaknya mampu. Hal itu disebabkan karena tidak ada kuburan yang cocok di kota mereka. Keinginan terakhir Muslim di sini adalah memiliki pemakaman Islam sendiri,” tambahnya.
Menurut laporan ada 40.000 hingga 45.000 Muslim di antara 5,2 juta penduduk Finlandia, termasuk Muslim yang merupakan penduduk asli Baltic Tatar.(sumber: islampos/onislam/13/8/2014)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>