Segeralah Bertaubat

Imam al-Ghazali atau nama lengkapnya Abu Hamid bin Muhammad bin Muhammad al-Ghazali (1058-1111) merupakan salah seorang ulama kondang yang membuahkan karya tulis. Salah satu karya monumentalnya adalah Ihya’ ‘Ulumuddin.
Sebagai master ilmu yang berkaitan dengan hati atau penyucian jiwa (tazkiyatun nafs) tak heran jika mayoritas karyanya terkait dengan soal hati, termasuk penyakit-penyakit hati dan cara mengatasinya. Beliau sangat menguasai masalah hati karena keluasan ilmu yang dimilikinya.

Kitab at-Taubah, yang diterjemahkan melalui buku “Rahasia Tobat” ini dipisahkan dari kitab induk Ihya’ Ulumuddin dimaksudkan karena sang penerbit (Khatulistiwa Press) fokus pada masalah-masalah spiritualisme.
Masalah taubat yang dibahas dalam buku ini meliputi hakikat, syarat-syarat, sebab-sebab, ciri-cirinya, dan buah yang diharapkan bisa dihasilkannya, serta berbagai penyakit yang merintanginya dan terapi-terapi yang mudah untuk mengatasinya.
Buku ini terbagi dalam ..bab. Bab pertama menjelaskan tentang taubat itu sendiri, definisi dan hakikatnya. Juga tentang kewajiban bagi setiap insan agar segera bertaubat dalam segala keadaan. Dan Allah SWT pasti akan menerima taubat jika dilakukan dengan benar.
Bab Kedua, tentang dosa-dosa yang mengharuskan pelakunya untuk bertaubat darinya; tentang pembagian dosa menjadi dosa besar (kabaair) dan dosa kecil (shaghaair); dosa yang terkait dengan sesama makhluk dan yang terkait dengan Allah; penjelasan tentang pahala dan hukuman yang diterima seorang hamba karena kebaikan dan kejahatan yang dilakukan, serta penjelasan tentang sebab-sebab yang menyebabkan dosa kecil menjadi dosa besar.
Bab Ketiga, berisi keterangan tentang syarat-syarat taubat dan kewajiban untuk terus-menerus bertaubat. Juga metode untuk memperbaiki kezhaliman yang telah lalu dan tata cara untuk menebus dosa, serta pembagian tingkatan orang-orang yang bertaubat.
Bab Keempat, menjelaskan sebab-sebab yang mendorong seseorang melakukan taubat dan cara agar tidak selalu mengulang-ulang perbuatan dosa.
Buku ini penting menjadi referensi bagi kita yang hidup di tengah lingkungan yang tak jarang membuat kita nyaris, atau bahkan tergelincir melakukan perbuatan dosa. w-islam.com)

Judul buku : Rahasia Tobat
Penulis : Iman al-Ghazali
Penerbit : Khatulistiwa Press, Jakarta
Cetakan : Pertama, 2012


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>